Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior
Vol. 4, No. 1, Juni 2022

Pengaruh Promosi Kesehatan dengan Media Video dan Booklet terhadap Pengetahuan Siswa mengenai Perilaku Sedentari di MAN 1 Medan

Amaliyah Nurmely Rahmah Saragih (Universitas Sumatera Utara)
Lita Sri Andayani (Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Latar Belakang. Perilaku sedentari merupakan masalah yang serius dalam kesehatan masyarakat karena dapat meningkatkan semua penyebab kematian dan risiko penyakit tidak menular. Populasi dengan tingkat perilaku sedentari paling tinggi adalah remaja khususnya siswa SMA. Dalam rangka mencegah perilaku sedentari, maka dibutuhkan pemberian promosi kesehatan melalui media pembelajaran seperti media video dan booklet. Tujuan. Menganalisis pengaruh promosi kesehatan dengan media video dan booklet terhadap pengetahuan siswa mengenai perilaku sedentari di MAN 1 Medan. Metode. Penelitian quasi-experiment menggunakan rancangan non-equivalent control group dengan jumlah sampel 30 siswa yang dibagi menjadi 15 siswa pada masing-masing kelompok intervensi dan dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil. Siswa mempunyai rata-rata pengetahuan sebelum (13,20) dan setelah (17,33) diberikan intervensi media video dengan nilai p=0,001. Sementara, rata-rata pengetahuan siswa sebelum (12,93) dan setelah (15,33) diberikan intervensi media booklet dengan nilai  p=0,002. Kesimpulan. Terdapat perbedaan pengetahuan siswa mengenai perilaku sedentari setelah diberikan promosi kesehatan dengan media video dan media booklet. Sebagai bagian dari media promosi kesehatan, baik media video dan media booklet keduanya berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan siswa mengenai perilaku sedentari. Akan tetapi, setelah diberikan intervensi dengan media video, siswa memiliki nilai rerata pengetahuan lebih tinggi dibandingkan media booklet.ABSTRACTBackground. Sedentary behavior is a severe problem in public health since it can increase all causes of death and the risk of non-communicable diseases. Adolescents are the highest population with sedentary behavior, exceptionally high school students. To prevent sedentary behaviour, learning through media such as videos and booklets is necessary to promote health.  Objective. The objective is to analyze the influence of health promotion with video and booklet media on students’ knowledge regarding sedentary behavior at MAN 1 Medan.  Method. Quasi-experiment that used a non-equivalent control group design. The number of samples consisted of 30 students divided into 15 students in each intervention group. Analysis used Wilcoxon Signed Rank Test. Results. The students’ average knowledge before (13.20) and after (17.33) with p=0.001 were given an intervention by video. Meanwhile, the students’ average knowledge before (12.93) and after (15.33) with p=0.002 were given an intervention by booklet. Conclusion. There is a difference in students’ knowledge regarding sedentary behavior after being given health promotion with video and booklet. Both video and booklet as a health promotion media affected increased students’ knowledge about sedentary behavior. However, after being given intervention with video, students had a higher knowledge average than booklet. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ppk

Publisher

Subject

Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Jurnal ini membahas determinan perilaku sehat, strategi promosi kesehatan (seperti komunikasi kesehatan, pemberdayaan masyarakat, advokasi kesehatan) dalam upaya pembangunan kesehatan di berbagai tatanan (sekolah, rumah sakit, tempat kerja, tempat-tempat umum, dan ...