Mukaddimah: Jurnal Studi Islam
Vol. 4 No. 2 (2019)

PERBANDINGAN PEMIKIRAN IBNU KHALDUN DAN AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA

Shirley Khumaidah (UIN SUNAN AMPEL SURABAYA)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Ibnu Khaldun dan al-Ghazali adalah pemikir- pemikir Islam yang sangat masyhur dikalangan masyarakat luas, dari pemikir muslim sampai non muslim. Pemikiran Ibnu Khaldun yang tertuang dalam kitabnya, yaitu Muqaddimah banyak menjadi referensi orang-orang dalam menetapkan sistem pendidikan Islam yang ideal. Corak pemikirannya yang mengalami percampuran antara al-Ghazali dan Ibnu Ruysd membuatnya mempunyai pemikiran baru yaitu rasionalisti-sufistik. Dalam pemikiran tersebut Ibnu Khaldun mendudukan secara proposional antara wahyu dan rasio. Kemudian, pemikiran-pemikiran al-Ghazali yang telah dituangkan disetiap karyanya, membuat banyak pemikir lainnya baik muslim maupun non muslim menjadikannya rujukan dan juga menerjemahkan karyanya dalam bahasa mereka. Corak pemikirannya yang berupa sufistik, banyak memperngaruhi karya-karyanya juga memperngaruhi pemikirannya tentang pendidikan yang ideal menurutnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mukaddimah

Publisher

Subject

Religion Humanities

Description

Mukaddimah: Jurnal Studi Islam is a multidisciplinary academic journal published by Kopertais Region 3 Yogyakarta. The article published include Islamic studies that are reviewed from various perspectives, ranging from communication, anthropology, education, economics, sociology, philology, ...