Sejak pandemi covid 19 market place menjadi peluang altenatif bagi pelaku usaha untuk dapat tetap bertahan dan bersaing dalam melakukan bisnis. Pengiriman barang menjadi bagian penting.dimana upaya penjual dalam mengirimkan paket pesanan sampai kepada konsumen dan menjadi sebuah kepuasan bagi konsumen untuk dapat berbelaja kembali. Dalam pengambilan keputusan sering kali dihadapkan dengan banyaknya pilihan yang membingungkan,terutama dalam pemilihan jasa ekspedisi. Pemilihan jasa ekpedisi menjadi point utama dalam mendukung proses bisnis. Penelitan dilakukan pada Toko Saburohojo sebuah usaha asesoris untuk kendaraan bermotor yang beralamat di jl. Raya Hankam No 54 Pondok gede. Ada tiga ekspedisi yang digunakan yaitu Sicepat, JNE dan J&T .Tujuan dari penelitian ini memberikan kriteria yang lebih penting untuk menentukan alternatif jasa ekspedisi. Penelitian ini menggunakan metode Proses Analitik Hirarki (AHP). Level tingkat kepentingan menggunakan data kuesioner dari data yang dibandingkan secara berpasangan . Kriteria Harga menjadi kriteria paling tinggi dalam penelitian ini dibandingakan dengan kriteria lokasi, layanan dan tanggapan.Sedangkan kriteria tanggapan yang memiliki sub kriteria klaim barang lebih penting dari sub kriteria pesanan dan tracking barang sedangkan kriteria layanan dimana barang hilang memiliki level lebih penting dari barang rusak dan kecepatan pengiriman untuk masing-masing subkriteria . Kriteria- kriteria ini digunakan untuk menentukan pilihan terbaik dari jasa ekspedisi sehingga dari hasil perhitungan tiga alternative didapatkan peringkat teratas adalah Ekspedisi Sicepat dengan perolehan nilai 0,546933
Copyrights © 2022