Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol 2 No 2 (2022): Mei

PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOSEN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UMB

Erwani Yusuf (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Ade Irma Suryani (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Ummi Kalsum (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Komunikasi interpersonal sangat penting dalam prosespembelajaran guna memotivasi prestasi akademik mahasiswa,dosen harus memiliki keterbukaan,empati,dukungan,sikap positifdan kesetaraan untuk mempengaruhi prestasi akademikmahasiswa. Salah satu bentuk komunikasi yang harusdiperhatikan baik-baik bagi seorang dosen adalah komunikasiinterpesonal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untukmengetahui pengaruh kemampuan komunikasi interpersonaldosen terhadap prestasi akademik mahasiswa di program studipendidikan ekonomi. Sampel Penelitian berjumlah 68 mahasiswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan angket danDokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakanadalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitiandiketahui bahwa kemampuan komunikasi interpersonal dosen mdalam hal keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif dankesetaraan berpengaruh positif terhadap prestasi akademikmahasiswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...