Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol 2 No 2 (2022): Mei

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS SCIENTIFIC LEARNING PADA MATERI PERMINTAAN KELAS VII SMP NEGERI 01 PENAWAR AJI

Nina Agustina (Universitas Muhammadiyah Metro)
Meyta Pritandhari (Universitas Muhammadiyah Metro)
Ningrum Ningrum (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Media mempunyai peran yang penting dalam prosespembelajaran. Namun masih terdapat media pembelajaran yangmasih belum mampu memenuhi kebutuhan peserta didik. Mediayang dipakai yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan konteksmateri dan soal-soal latihan. Selain itu selam pandemic Covid-19pembelajaran dilakukan secara daring, sehingga peserta didik sulitmemahami materi dan mengalami kebosanan dalam belajar.Peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang mampumenarik minat belajar peserta didik dan menyenangkan. Tujuandari penelitian ini adalah untuk menghasilkan mediapembelajaran sparkol videoscribe berbasis scientific learning padamateri permintaan kelas VII yang valid dan praktis. Media yangdikembangkan sesuai dengan sistematika dan standar kriteriakelayakan media pembelajaran.Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangandengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development,Disseminate). Proses untuk menghasilkan media pembelajarandiawali dengan tahap validasi oleh ahli media, ahli materi dan ahlidesain. Media pembelajaran diujicoba kelompok kecil pada 10peserta didik kelas VII SMP Negeri 01 Penawar Aji. Uji cobakelompok kecil digunakan untuk mengukur respon peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran inilayak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkanoleh hasil validasi dari ahli media dengan persentase sebesar87,5% dengan kriteria sangat layak, hasil penilaian oleh ahlimateri dengan persentase 96% dengan kriteria layak, hasilpenilaian oleh ahli desain dengan persentase 82,8% dan hasilpengujian dengan kelompok kecil yaitu 10 orang peserta didikdengan persentase 92,4% dengan kriteria sangat baik. Maka mediapembelajaran sparkol videoscribe berbasis scientific learning dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai referensi dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...