MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika
Vol 7 No 1 (2022): MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMPK PUTRI ST. XAVERIUS KEFAMENANU DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA

Hendrika Anunut (Universitas Timor)
Talisadika Serrisanti Maifa (Universitas Timor)
Hendrika Bete (Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMPK Putri St. Xaverius Kefamenanu dalam menyelesaikan soal matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah masing-masing satu orang siswa dari tiap kategori level berpikir tingkat tinggi, yaitu seorang siswa dengan kategori baik, seorang siswa dengan kategori cukup, seorang siswa dengan kategori kurang, dan seorang siswa dengan kategori sangat kurang.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis dan wawancara yaitu tiga butir soal kemampuan berpikir tingkat tinggi. Instrumen yang digunakan adalah soal kemampuan berpikir tingkat tinggi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa dengan kategori baik mampu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Selanjutnya siswa dengan kategori cukup mampu menganalisis, mengevaluasi, sedangkan siswa dengan kategori kurang dan sangat kurang tidak mampu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) ...