MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika
Vol 7 No 1 (2022): MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN: SUATU KASUS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Abdul Rachman Taufik (Universitas Musamus Merauke)
Irmawaty Natsir (Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

Analisis kesalahan adalah langkah awal yang perlu dilakukan untuk mengetahui jenis dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Dengan adanya penelitian ini diharapkan memberi informasi terkait jenis dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan. Analisis penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas VII-A SMPN 2 Martapura. Dipilih 4 subjek menjadi responden untuk mengungkap secara mendalam jenis kesalahan yang dilakukan berdasarkan banyaknya kesalahan dan mampu berkomunikasi dengan baik. Berdasarkan hasil analisis kesalahan siswa diperoleh 34,5 % melakukan kesalahan konseptual dan 13,1 % melakukan kesalahan prosedural. Yang menjadi penyebab diperoleh bahwa (1) siswa kurang memahami konsep bilangan negatif, (2) kurang memahami konsep tentang pecahan senilai, (3) kurang memahami operasi bilangan bulat, (4) siswa kurang memahami konsep mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa, (5) siswa tidak teliti dalam menyelesaikan soal, dan (6) siswa terburu-buru dalam menghitung

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) ...