Counseling Milenial (CM)
Vol 3 No 2 (2022): June 2022

Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Permainan See Our Feet untuk Meningkatkan Kontrol Diri

Satrio Budi Wibowo (Universitas Muhammadiyah Metro)
Hadi Pranoto (Universitas Muhammadiyah Metro)
Ketut Tara Agustin (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Positif Layanan Bimbingan Kelompok dengan Permainan See Our Feet untuk meningkatkan kontrol diri Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 1 Seputih Raman Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian sebanyak 62 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 20 dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu skala.Analisis data yang digunakan yaitu independent sample t test. Hasil perhitungan diperoleh hasil perhitungan t= 8,084 (p < 0,05).Selain itu diketahui pada kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment hanya mengalami peningkatan 8% sedangkan kelompok eksperimen yang diberikan treatment mengalami peningkatan 36%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan permainan see our feet untuk meningkatkan kontrol diri peserta didik SMP Negeri 1 Seputih Raman Lampung Tengah tahun pelajaran 2020/2021. Saran sebaiknya untuk guru Bimbingan dan Konseling sebaiknya mengadakan kegiatan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan permainan see our feet secara rutin untuk meningkatkan kontrol diri peserta didik, dan dapat memecahkan berbagai masalah lain pada umumnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

konselor

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Counseling Milenial (CM) Jurnal bimbingan dan konseling mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Muhammadiyah Metro lebih berpusat kepada ilmu pendidikan, Bimbingan dan Konseling, Psikologi dan Psikologi Pendidikan. As well as the study of psychology education and other relevant guidance and ...