Penelitian ini bertujuan melihat implementasi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada masa pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang bertempat pada Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini metode penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah berjumlah 18 Guru PJOK di SDN Se-Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro. Data diolah dengan rumus prosentase. Hasil: indikator pelaksanaan pembelajaran yaitu 100% tetap melaksanakan pembelajaran, indikator metode pembelajaran 72,22 % guru menggunakan daring, indikator media pembelajaran 55,56% tenaga pendidik menggunakan media whatsapp, indikator upaya pelaksanaan pembelajaran 100,00% tenaga pendidik bekerjasama dengan orang tua peserta didik, indikator fasilitas yang disediakan 83,33% tenaga pendidik tidak menyediakan fasilitas, indikator hambatan yang dihadapi selama pembelajaran 44,44% tenaga pendidik kesulitan mengakses, indikator partisipasi peserta didik 50,00% peserta didik tidak memperhatikan pembelajaran, indikator sistem dan proses penilaian 72,22% kesesuaian pengumpulan tugas dan ujian, indikator pendapat penilaian 77,78% tenaga pendidik mengatakan penilaian peserta didik melalui pembelajaran daring kurang efektif, indikator kesulitan dalam pembelajaran menunjukkan bahwa 77,78% tenaga pendidik menjawab kurang responnya peserta didik. Sekolah sebaiknya memberi bimbingan dan pelatihan kepada Bapak/Ibu Guru dalam pemanfaatan media dan metode pembelajaran serta memberikan fasilitas untuk menunjang proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 agar terlaksana dengan efektif dan efisien.
Copyrights © 2022