Ulil Albab
Vol. 1 No. 6: Mei 2022

Penanaman Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Wawasan Nusantara Di Sekolah Dasar

Novita Freshka Uktolseja (SD Alam Aqila Belitong)
Sutrisna Wibawa (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan salah satu inovasi dalam pembelajaran PKn melalui mata pelajaran Wawasan Nusantara yang bisa menanamkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dalam diri peserta didik. Sebagaimana tujuan dari pembelajaran PKn yaitu mendidik warga negara supaya menjadi warga negara yang baik, yang bisa dilukiskan dengan “warga negara yang patriotik, toleran, setia terhadap bangsa dan negara, beragama, demokratis, serta Pancasila sejati” (Somantri, 2001:279). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan partisipan peserta didik dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran Wawasan Nusantara ini memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas kepada para peserta didik mengenai keberagaman Indonesia, Sehingga peserta didik lebih mengenal daerah-daerah di Indonesia dan kekayaan alam, adat dan budayanya, diharapkan tumbuh kecintaan terhadap negara. Dengan menggunakan metode Discovery Learning dan mengemas pembelajaran yang menarik melalui video animasi dan kuiz interaktif sehingga peserta didik tidak merasa berat dengan beban belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Public Health Social Sciences Other

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, Seni, Pertanian, ...