Ulil Albab
Vol. 1 No. 7: Juni 2022

ANALISIS POTENSI BUKU PELAJARAN KIMIA SMA/MA KELAS XI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERORIENTASI SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM)

Muhammad Prihatislam Primadi (Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta)
Sukisman Purtadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat potensi buku pelajaran yang digunakan oleh guru- guru kimia SMA/MA kelas XI sebagai sumber belajar berorientasi STEM. Penelitian ini menganalisis keberadaan komponen science, technology, engineering, and mathematics (STEM) pada buku pelajaran yang digunakan oleh guru-guru kimia SMA/MA kelas XI se-DIY. Desain penelitian menggunakan penelitian analisis konten deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah buku pelajaran Kimia untuk siswa SMA kelas XI. Sumber data yang digunakan adalah 10 jenis buku teks dengan pen- erbit dan penulis yang berbeda yang diperoleh dari hasil survey guru mata pelajaran kimia SMA Negeri dan Swasta kelas XI se-DIY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada komponen science, buku IP1 menunjukkan tingkat potensi paling tinggi dengan persentase kemunculan 75% termasuk kriteria berpo- tensi, untuk komponen technology, buku IP1 menunjukkan tingkat potensi paling tinggi dengan persen- tase kemunculan 80% termasuk kriteria berpotensi, untuk komponen engineering, buku IP1 menunjukkan tingkat potensi paling tinggi dengan persentase kemunculan 72% termasuk kriteria cukup berpotensi, se- dangkan untuk komponen mathematics, buku BS1 menunjukkan tingkat potensi paling tinggi dengan per- sentase kemunculan 62% termasuk kriteria cukup berpotensi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Public Health Social Sciences Other

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, Seni, Pertanian, ...