Sibatik Journal : Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan
Vol. 1 No. 6 (2022): May

STRATEGI BISNIS UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN MASA KINI PADA UMKM RINTISAN (STUDI PADA BISNIS UMKM KOPI BUBUK JACK.ID KABUPATEN TEMANGGUNG)

Jihar Syihab Ulin Nuha (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar Magelang)
Budi Hartono (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar Magelang)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2022

Abstract

Komoditas kopi baru-baru ini menjadi sangat populer dikarenakan kewajiaban bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas di dalam rumah dan adanya pembatasan masyarakat untuk keluar rumah. Dimana budaya meminum kopi ini menjadi sangat menjamur ditengah masyarakat yang melakukan segala aktivitas di rumah. Penelitian ini membahas mengenai UMKM Kopi Bubuk Jack.id yang berada di Kabupaten Temanggung dengan menggunakan metode analisis SWOT dan Pemetaan melalui Matriks SWOT. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang tepat digunakan bagi pelaku UMKM agar mampu bertahan dan bersaing di tengah maraknya pandemi Virus Covid-19. Dan setelah melakukan analisis yang dilakukan dengan memasukkan data yang didapat langsung oleh narasumber dan sumber lain, hasil dari analisis tersebut adalah UMKM Kopi Bubuk Jack.id ini berada pada kuadran 1 dimana UMKM ini memiliki kekuatan dan peluang yang bagus untuk bersaing tetapi hanya kekurangan dalam bidang konsistensi produk serta media penjualan dan pemasaran. Hasil dari analisis menunjukkan UMKM ini perlu untuk menerapkan strategi Growth Oriented Strategy agar kedepannya usaha UMKM ini mampu berkembang secara maksimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SIBATIK

Publisher

Subject

Arts Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

SIBATIK JOURNAL merupakan jurnal ilmiah populer bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan yang terbit setiap bulan. SIBATIK JOURNAL menerima naskah hasil penelitian dan hasil kajian yang memunculkan gagasan-gagasan ilmiah dan aktual di bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan ...