Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 2 No. 2 (2022): EduTIK : April 2022

Aplikasi Mobile Learning Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar

Olivia Eunike Selvie Liando (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Indra Rianto (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Wensi Ronald Lesli Paat (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Bagi sebagian siswa Sekolah Dasar menganggap belajar matematika, seperti berhitung adalah mata pelajaran yang sulit, membosankan dan kurang menarik. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Selain itu dari segi kompetensi guru, masih banyak guru yang kurang memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Padahal untuk masa pandemi, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu keharusan agar pembelajaran bisa optimal. Hal ini mengharuskan guru untuk lebih kreatif dan berinovasi dalam menghasilkan media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran selama masa pandemi. Pandemi ini menuntut semua pihak untuk terus meningkatkan literasi teknologi dan memanfaatkan berbagai macam teknologi dalam proses pembalajaran. Guru harus mengambil peran penting dalam menyampaikan pengetahuan melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi seperti smartphone Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu media pembelajaran dalam bentuk aplikasi mobile learning matematika berbasis android untuk siswa Sekolah Dasar. Pengembangan aplikasi menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari 6 tahapan yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil dari penelitian ini diperoleh sebuah aplikasi mobile learning matematika berbasis android untuk siswa Sekolah Dasar dan setelah dilakukan pengujian terhadap aplikasi yang dikembangkan di hasilkan bahwa aplikasi benar-benar layak digunakan dan bisa didistribusikan kepada pengguna untuk digunakan dalam pembelajaran. sehingga dapat membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran di masa pandemi covid 19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...