Keterampilan bercerita harus dimiliki oleh setiap individu. Pada kenyataannya masih banyak siswa yang kurang percaya diri ketika bercerita di depan banyak orang dikarenakan perasaan takut atau malu dengan penggunaan kata dan kalimat yang tidak tepat. Keterampilan tersebut dapat dikembangkan melalui media komik digital sehingga siswa dituntut untuk aktif dalam keterampilan bercerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media komik digital terhadap keterampilan mendongeng siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian quasi eksperimen dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Kepuh Kiriman 1 Waru Sidoarjo yang berjumlah 72 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas C dan B dengan jumlah siswa 46 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analisis data uji normalitas, uji homogenitas dan uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media komik digital terhadap keterampilan bercerita siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2022