Project Based Learning marupakan salah satu pembelajaran dengan aktifitas jangka panjang yang melibatkan siswa langsung untuk merancang, merencanakan, membuat dan menampilkan suatu produk untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam dunia nyata. Melalui Project Based Learning penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, Disain penelitian ini menggunakan posttest-Only Control Design, pengambilan sampel dengan menggunakan jenis Purposive Sampling dangan sampel 32 siswa pada SMP Negeri 1 Bondowoso. Teknik pengumpulan data menggunakan tes posttest dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t pada kecerdasan emosional tingkat tinggi diperoleh = 3,182 < 4,096 sehingga ada pengaruh Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan emosional siswa tingkat tinggi. Berdasarkan hasil uji-t pada kecerdasan emosional tingkat Sedang diperoleh = 2,074 < 3,388 sehingga ada pengaruh Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan emosional siswa tingkat sedang. Berdasarkan hasil uji-t pada kecerdasan emosional tingkat rendah diperoleh = 12,706 > 2,309 sehingga tidak ada pengaruh Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kecerdasan emosional siswa tingkat rendah.
Copyrights © 2022