Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat baca terutama pada cara membaca yang baik dan benar pada peserta didik sekolah dasar kelas III. Rendahnya minat baca peserta didik ini dipengaruhi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam menerima pembelajaran yang telah diberikan pada guru dan kurang tepatnya pemilihan pendekatan, media ataupun metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh TPACK terhadap literasi siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan Quasi Eksperimental Desaign menggunakan posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas III SD Hang Tuah 10 Juanda. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes. Pemberian tes yang dimaksud adalah posttest yang diberikan saat peserta didik telah di beri penerapan saat pembelajaran berlangsung. Teknik analis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh TPACK terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Copyrights © 2022