Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa pada anak sekolah dasar kelas V. Rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia ini dipengaruhi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru dan kurang tepatnya pemilihan pendekatan, media dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini merupakan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental Design tipe Posttest only control group design. Populasi adalah siswa kelas V SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan teknik analisis data uji-T. Sampel penelitian ini adalah kelas V A sebagai kelas control dan kelas V B sebagai kelas eksperimen yang dipilih melalui cluster random sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran edmodo terhadap hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022