J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 3, No 2 (2022): JUNI

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI EDMODO TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Elis Marwah Fiqriah (UNIVERSITAS GALUH CIAMIS)
Warsono Warsono (Universitas Galuh)
Toto Toto (Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Elis, MF. (2021).”Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Edmodo Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis  Siswa Pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan di MA Al-Rahman Tasikmalaya”. Penyusunan skripsi ini di bawah bimbingan H. Warsono, Drs., MS. sebagai Pembimbing I dan Dr. H. Toto, M.Pd., sebagi Pembimbing II.Rendahnya keterampilan berpikir siswa disebabkan karena pembelajaran biologi selama ini masih menggunakan metode yang berpusat pada guru seperti ceramah. Siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran untuk mengembangkan sendiri pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi edmodo terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada sub materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Rahman Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 dengan menggunakan Quasi Eksperimen dan desain one group pretest-postest design. Populasi seluruh siswa kelas X hanya ada 1 kelas yang digunakan sebagai sampel dengan teknik sampling jenuh yang terdiri dari 29 siswa. Dari data yang didapat diolah secara statistik menggunakan uji z. Dari uji z tersebut diperoleh Zhitung sebesar 3,25 sedangkan Ztabel sebesar 2,33, dengan demikian Zhitung > Ztabel berarti terdapat pengaruh Model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, dengan tingkat pengaruh berkategori tinggi. Kata kunci: Problem Based Learning, edmodo, keterampilan berpikir kritis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...