LENTERAL: Learning and Teaching Journal
Vol 3 No 2 (2022): LENTERNAL: Learning and Teaching Journal

HUBUNGAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 3 AIR GEGAS

Yuselia Yuselia (IAIN SAS Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

Inti dari proses pendidikan adalah belajar dan pembelajaran. Belajar adalah suatu kegiatan untuk mencapai perubahan perilaku. Sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi. Pendidikan dan pembelajaran ini dapat diberikan sejak ia masih kecil hingga tumbuh menjadi dewasa. Setiap mereka akan berkembang sesuai dengan pengalaman yang diberikan kepadanya.Cara belajar merupakan kombinasi dari keunikan kita dalam menyerap, mengatur, dan mengolah informasi. Dengan mengetahui cara dalam belajar, maka akan terasa mudah dalam menerima informasi dan bisa diserap sesuai pemahaman yang diberikan. Hal ini merupakan kemampuan yang kita miliki dalam belajar. Setiap anak memiliki lebih dari satu gaya belajar yang dipakai dalam usaha mencapai tujuan belajarnya. Apabila guru dapat menemukan kecenderungan gaya belajar siswa, maka hal ini akan bermanfaat sekali dalam mengembangkan proses belajar mengajar mereka. Setiap orang yang melakuakan proses belajar, maka akan terlihat hasilnya.Penelitian ini adalah penelitian yang kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket yang disebarkan kepada siswa kelas 7, 8, dan 9 dengan sampel sebanyak 79 siswa, kemudian analisis data menggunakan SPSS versi 26 dengan teknik analisis korelasi bivariat pearson. Hasil penelitian ini 1) gaya belajar siswa di SMP N 3 Air Gegas termasuk dalam kategori cukup baik, 2) hasil belajar pendidikan agama Islam di SMP N 3 Air Gegas termasuk dalam kategori sangat baik, 3) hasil uji korelasi yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar siswa terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMP N 3 Air Gegas. Besar koefisien korelasi antara gaya belajar siswa terhadap hasil belajar pendidikan gama Islam sebesar 0,320. Nilai signifikansi hubungan antara kedua variabel ini adalah 0,004. Dengan demikian 0,004<0,05 terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar siswa terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

LENTERNAL

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, ISSN Online 2721-9054 is a peer-reviewed journal and scientific journal published by IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. This journal aims to publish articles dedicated to all aspects of teaching and learning. The journal focuses on learning and ...