Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 9 No 3 (2020)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X SMA/MA




Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis adobe flash pada materi hukum newton serta meningkatkan pemahaman peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE. Penelitian ini menghasilkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis adobe flash yang telah dikembangkan sudah layak untuk digunakan melihat hasil validitas dan keefektifan yang sudah memenuhi. Validitas media pembelajaran fisika berbasis adobe flash ini mendapatkan kategori sangat valid dengan nilai rata-rata skor persentase sebesar 91,7%. Media pembelajaran fisika berbasis adobe flash ini sudah memenuhi dari kriteria efektif dilihat dari pendapat responden dengan kriteria sangat baik. Media pembelajaran fisika berbasis adobe flash ini bisa meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas X SMA yang bisa dibuktikan melalui nilai rata-rata pseserta didik sebesar 80 yang telah mencukupi kriteria ketuntasan minimal di sekolah tersebut yaitu sebesar 78. Maka, media pembelajaran fisika yang sudah dikembangakn ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Kata kunci: Adobe Flash, Media Pembelajaran, Hukum Newton, Belajar Mandiri, Pemahaman Peserta Didik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan fisika meliputi bidang Filsafat dan Kurikulum, Inovasi Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pendidikan ...