Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 9 No 3 (2020)

Pengembangan ELS-3D (E-Book Literasi Sains Berbasis 3d Page Flip) Pada Materi Momentum Dan Impuls




Article Info

Publish Date
10 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan ELS-3D (E-Book Literasi Sains Berbasis 3D Page Flip) yang berorientasikan literasi sains pada materi Momentum dan Impuls yang layak untuk dipergunakan. Kelayakan ditinjau dari tingkat kevalidan media. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh belum adanya aspek-aspek literasi sains dalam buku fisika yang ada disekolah terutama di SMA MUHAMMADIYAH 4 Surabaya. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan dengan desain Hannafin and Peck, yang terdiri dari tahap penelitian kebutuhan, tahap desain serta pengembangan dan implementasi. Akan tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan, ini dikarenakan adanya pandemi covid 19 yang menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia, sehingga untuk uji coba di sekolah tidak dapat dilaksanakan. Validasi dilakukan oleh dua dosen ahli dengan metode angket dengan menggunakan instrumen angket validasi. Dari penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ELS-3D (E-Book Literasi Sains Berbasis 3D Page Flip) yang telah dikembangkan memiliki tingkat validasi secara keseluruhan sebesar 90,34% dan memiliki kreteria sangat valid baik dari segi media maupun konten, sehingga ELS-3D yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi sains pada materi momentum dan impuls. Kata kunci: ELS-3D, E-Book, Literasi Sains, Momentum dan Impuls This research aims to produce ELS-3D (Flip Page-Based 3D Literacy scientific E-Book) which is oriented towards scientific literacy on Momentum and Impulse material that elegible to be used. The eligibity is reviewed from the level of media validity. in terms of the validity of the media. This research research is motivated by the absence of scientific literacy aspect in physics books at MUHAMMADIYAH 4 high school Surabaya. The research method used is from Hannafin and Peck, which consists of the research needs, the stages of design along with development and implementation. However, this research only reached the development stage, due to the covid-19 pandemic that spread worldwide, including Indonesia, so that trials in school could not be carried out. Validation was carried out by two expert lectures with validation questionnaire method from the research that has been done, it can be concluded that ELS-3D (Literacy scientific E-Book based on 3D Page Flip) meets the criteria and it is suitable tobe usesd in term of media and content with an overall result of 90,34% so that ELS-3D can be used as a learning medium that can increase the scientific literacy on material momentum and impulses. Keyword : ELS-3D, E-Book, Scientific Literacy, Momentum and Impulses

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan fisika meliputi bidang Filsafat dan Kurikulum, Inovasi Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pendidikan ...