Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 9 No 3 (2020)

Pengembangan Alat Peraga Hidrolik Sederhana Sebagai Media Pembelajaran Fisika Pada Sub Materi Hukum Pascal Siswa Kelas Xi Sma Negeri Kesamben Jombang




Article Info

Publish Date
10 Sep 2020

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kelayakan alat peraga hidrolik sederhana sebagai media pembelajaran fisika pada sub materi hukum pascal. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Impelement, dan Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Kesamben dengan menggunakan 3 kelas eksperimen. Alat peraga ini terdiri dari lempeng kayu, suntikan, selang, batang, lengan dan penjepit. Alat peraga ini digunakan untuk mencari nilai cepat rambat gelombang. Kelayakan alat peraga diperoleh dari penilaian validator 86% dengan keriteria sangat layak. Hasil belajar siswa secara klasikal dengan keriteria tuntas pada 3 kelas eksperimen. Berdasarkan analisis angket respon peserta didik, diperoleh bahwa respon peserta didik setelah menggunakan alat peraga hidrolik sederhana yang dikembangkan ini termasuk dalam kategori positif dengan rata-rata 74%. Secara umun dapat disimpulkan alat peraga hidrolik sederhana layak digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran fisika pada materi Hukum Pascal. Kata kunci: Alat Peraga Hidrolik Sederhana, Hukum Pascal dan Media Pembelajaran. Abstract This study aims to describe and analyze the feasibility of a simple hydraulic props as a medium of learning physics on sub pascal legal materials. This research uses a research model development ADDIE (Analyze, Design, Develop, impelement, and Evaluation). The research was conducted in SMAN Kesamben using 3 experimental class. Props consist of wooden tablets, injections, hose, trunk, arm and clamp. Props are used to find the value of fast propagation. Feasibility props obtained from the validator ratings 86% with the criteria of very decent. Classical student learning outcomes with the criteria of experiments completed in the 3 classes. Based on the analysis of questionnaire responses of students, found that the response of students after using a simple hydraulic props are developed is included in the positive category with an average of 74%. In umun concluded decent simple hydraulic props used to support learning activities on material physics Pascal's Law. Keywords: Hydraulic Simple Viewer tool, Pascal's Law and Learning Media.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan fisika meliputi bidang Filsafat dan Kurikulum, Inovasi Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pendidikan ...