AbstrakPerkembangan teknologi kini sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan dalam penggunaanmedia pembelajaran. Media pembelajaran yang menarik digunakan dapat meningkatkan minatbelajar siswa dan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikanpermainan monopoli dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah studipustaka dari berbagai jurnal baik jurnal nasional dan jurnal internasional yang terakreditasi sinta1-3 yang telah di publish 10 tahun terakhir. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalahanalisis deskriptif kualitatif melalui studi pustaka. Hasil yang didapatkan bahwa penggunaanpermainan monopoli fisika adalah baik digunakan dalam pembalajaran fisika yang dapatmelatihkan ketrampilan berpikir siswa, penguasaan konsep, hasil belajar, dan motivasi siswaterhadap materi fisika.Kata kunci: Media pembelajaran, permainan monopoli, pembelajaran fisika AbstractThe development of technology is now very influential in the world of education in the use oflearning media. Learning media that are interesting to use can improve student interest inlearning and improve student learning achievement. This study aims to describe the game ofmonopoly in physicslearning. The type of research used isliterature study from variousjournals,both national and international journalsthat are accredited Sinta 1-3 which have been publishedin the last 10 years. The analysis used in this research is qualitative descriptive analysisthroughliterature study. The results obtained are that the use of physics monopoly game is used well inphysics lessons that can facilit at a students' thinking skills, mastery of concepts, learning,, andstudent motivation towards physics material.Keywords: Achievement media, monopoly games, physics learning
Copyrights © 2021