Haumeni Journal of Education
Vol 2 No 1 (2022): Edisi Juni 2022

Peningkatan kemampuan Bercerita Dalam Mata Pelajaran Agama Katolik Melaui Model Pembelajaran Kooperatof Tipe STAD Bagi Siswa kelas V SD Negeri Bokong 2

Johana Tallan (SDN Bokong 2)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa Kelas V SDN Bokong 2 melalui penerapan model pembelajaran kooperetif tipe STAD pada mata pelajaran agama katolik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Lokasi penelitian di SD Negeri Bokong 2. Subjek penelitian adalah siswa beragama katolik kelas V pada tahun pelajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain tes hasil belajar, lembar observasi kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai model role playing, dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan simulasi, sehingg mendukung peningkatan aktivitas siswa berada pada katergori terampil, 2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan kategori peningkatan menurut data n-gain berada pada kategoti sedang, serta 3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori baik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...