Haumeni Journal of Education
Vol 2 No 1 (2022): Edisi Juni 2022

Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Logika Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Rangkaian Listrik Pada Siswa Kelas X DPIB 2 SMK Negeri 2 Kupang

Agnes M. A. Boleng (SMKN 2 Kupang)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi logika matematika, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) bagi siswa kelas X DPIB 2 SMK Negeri 2 Kota Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini, mengambil sampel dari siswa kelas X DPIB 2 SMK Negeri 2 Kota Kupang dengan jumlah 28 orang siswa. Data tentang aktivitas dan hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Semua data dianalisis menggunakan teknik deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian pada aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I yang berada pada kriteria cukup aktif menjadi kriteria aktif pada siklus II. Sedangkan presentase pada hasil belajar siklus I mencapai 74,07 % yang berada pada kriteria sedang, kemudian meningkat menjadi 88,89 % pada siklus II yang berada pada kriteria tinggi. Dari analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X DPIB 2 SMK Negeri Kota Kupang pada materi Logika

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...