Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi logika matematika, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) bagi siswa kelas X DPIB 2 SMK Negeri 2 Kota Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini, mengambil sampel dari siswa kelas X DPIB 2 SMK Negeri 2 Kota Kupang dengan jumlah 28 orang siswa. Data tentang aktivitas dan hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan metode tes. Semua data dianalisis menggunakan teknik deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian pada aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I yang berada pada kriteria cukup aktif menjadi kriteria aktif pada siklus II. Sedangkan presentase pada hasil belajar siklus I mencapai 74,07 % yang berada pada kriteria sedang, kemudian meningkat menjadi 88,89 % pada siklus II yang berada pada kriteria tinggi. Dari analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X DPIB 2 SMK Negeri Kota Kupang pada materi Logika
Copyrights © 2022