Pandemi covid-19 yang mengubah sistem perkuliahan tatap muka menjadi perkuliahan menggunakan e-learning menghadirkan tantangan tersendiri untuk menyediakan bahan ajar yang relevan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar analisis kompleks berbasis e-learning yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 3D yang mencakup tahap define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan matematika FKIP Unversitas Nusa Cendana pada tahun akademik 2020/2021 dengan subjek penelitian berjumlah 46 orang. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa bahan ajar analisis kompleks berbasis e-learning yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Validitas bahan ajar terlihat dari rata-rata tingkat validitas sebesar 89,9% dengan kriteria sangat valid. Praktikalitas bahan ajar terlihat dari tingkat praktikalitas menurut dosen dan mahasiswa berturut-turut adalah 92,5% dan 85,5% dengan kriteria sangat praktis. Sementara efektifitas bahan ajar terlihat dari 100% mahasiswa yang menggunakan bahan ajar dapat mencapai ambang batas nilai 60. Selain itu, efektifitas juga terlihat dari perbedaan rata-rata nilai mahasiswa yang menggunakan bahan ajar dengan yang tidak menggunakan. Hal ini dipertegas hasil uji t dengan SPSS 25 yang menunjukkan nilai thitung = 2,093 > ttabel = 1,997 dan nilai sig. (2-tailed) = 0,040 < α = 0,05.
Copyrights © 2022