Haumeni Journal of Education
Vol 2 No 1 (2022): Edisi Juni 2022

Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Geo 2 SMK Negeri 2 Kupang Pada Materi Barisan dan Deret

Agnes M. A. Boleng (SMKN 2 Kupang)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret bilangan di kelas X GEO 2 SMKN 2 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui penerapan model discovery learning. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dibagi ke dalam dua siklus. Pada setiap siklus dilakukan kegiatan yang saling berkaitan dan berkesinambungan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X GEO 2 SMKN 2 Kota Kupang yang berjumlah 35 orang. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dengan mengamati aktivitas siswa dan kegiatan guru dalam pembelajaran sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes. Semua data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I yang berada pada kriteria cukup aktif menjadi aktif pada siklus II. Sedangkan pada hasil belajar pada siklus I 82,86 % yang berada pada kriteria sedang menjadi 85,71 % pada siklus II berada pada kriteria tinggi. Dari analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X GEO 2 SMKN 2 Kota Kupang pada materi barisan dan deret bilangan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...