Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education (AJMAEE)
Vol 2 No 1: Juni (2022)

Kinerja Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Mendukung Pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU)

Yunus Arifien (Universitas Nusa Bangsa)
Karmanah (Universitas Nusa Bangsa)
Zaenal Mutaqien (Universitas Nusa Bangsa)
Faisal Maad (Universitas Nusa Bangsa)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Pendidikan merupakan bagian terpenting dari kehidupan, dan harus sejalan dengan perkembangan zaman dalam menghadapi tantangan yang terus berubah   Wabah Covid-19 telah melanda dunia Pendidikan Tinggi yang memaksa semua Perguruan Tinggi di Bogor menerapkan sistem belajar jarak jauh dan sekaligus melakukan merdeka belajar kampus merdeka yang harus memperhatikan kompetensi lulusan pada perguruan tinggi swasta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja MBKM dan pencapaian indikator kinerja utama Perguruan Tinggi setelah pelaksanaan MBKM khususnya kelas yang kolaboratif dan partisipatif.  Metode penelitian yang digunakan adalah secara diskriptif dan uji beda.  Analisis data meliputi reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.  hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Kinerja pembelajaran MBKM perguruan tinggi telah dilaksanakan dengan baik selama pandemic covid 19 ataupun era industry 4.0 dengan tingkat kepuasan mahasiswa puas, dan (2) Pembelajaran pada era merdeka belajar kampus merdeka berbeda nyata dengan pembelajaran sebelumnya pada semua parameter pencapaian IKU khususnya kelas yang kolaboratif dan partisipatif dimana menghasilkan ningkatan pada seluruh parameter.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AJMAEE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education (AJMAEE) published in June and December Special editions are also planned according to scope and needs. AJMAEE publishes research articles that have never been published before. Every article submitted to the editorial staff will be ...