Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
Vol. 3 (2022): Proceedings of Social Studies Learning Challenges in the 21st Century

Penerapan Metode Bermain Peran sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa dan Nilai Karakter Nasionalis

Marhaeni Kusumawati (Universitas PGRI Yogyakarta)
Esti Setiawati (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitianadalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa dan nilai karakter nasionalis peserta didik dengan menggunakan metode bermain peran. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK dengan dua siklus. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas 5 di SDN 3 Wirun, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2020 / 2021. Teknik pengmpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Data dianalisis secara kuantitatif dengan teknik persentase. Hasil penelitian penerapan metode bermain peran bahwa pada siklus I menunjukkan persentase keterampilan berbicara bahasa Jawa 64,7% dengan kriteria baik kemudian meningkat menjadi 82,3% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Sedangkan persentase karakter nasionalis siswa pada siklus I sebesar 70,5% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 88,2% dengan kriteria sangat baik. Rata- rata nilai keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama siswa pada siklus I adalah 55 dengan persentase ketuntasan sebesar 58,8%. Rata- rata nilai keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama pada siklus II adalah 71 dengan persentase ketuntasan sebesar 76,4%. Hasil observasi ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pssh

Publisher

Subject

Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The Proceedings Series on Social Sciences & Humanities aims to publish proceedings from conferences on the scope: 1. Business, Management & Accounting 2. Social Sciences ...