IBTIDA : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar
Vol 2 No 1 (2022)

PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TAJWID DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS V DI MADRASAH IBTIDA’IYAH SALAFIYAH GRINGSING

Fatih Mubarok (Unknown)
Fitria Martanti (Unknown)
Imam Khoirul Ulumuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Kurangnya minat siswa untuk mempelajari ilmu Tajwid menjadi salah satu alasan mengapa ilmu Tajwid kurang populer, hal ini karena sumber materi ilmu Tajwid yang masih disajikan dalam bentuk buku teks biasa. Media Pembelajaran Permainan Monopoli adalah media pembelajaran yang digunakan pengajar untuk menyampaikan sebuah materi, media pembelajaran Permainan Monopoli sendiri merupakan sebuah permainan yang digunakan untuk menunjang pembelajaran dan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana media permainan monopoli hipotetik dalam materi Tajwid pada kelas V MI Salafiyah Gringsing Kabupaten Batang? (2) bagaimana kevalidan media permainan monopoli terhadap materi Tajwid kelas V (3) bagaimana kepraktisan media permainan monopoli terhadap materi Tajwid bagi siswa kelas V di MI Gringsing Kabupaten Batang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) media permainan monopoli hipotetik dalam materi Tajwid pada kelas V (2)kevalidan media permainan monopoli terhadap materi Tajwid kelas V (3) kepraktisan media permainan monopoli terhadap materi Tajwid bagi siswa kelas V di MI Salafiyah Gringsing Kabupaten Batang Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Model pengembangan media pembelajaran yang digunakan adalah model ADDIE. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah (1) validasi Ahli Materi dan Ahli Media sebagai berikut: yang pertama oleh Ahli Materi meliputi Aspek Pembejaran mendapat persentase 96% kategori sangat baik, aspek isi mendapat persentase 96% kategori sangat baik, aspek evaluasi mendapat persentase 96% kategori baik, mendapat persentase rata-rata 96% dengan kategori baik, kedua oleh Ahli Media meliputi aspek Tampilan mendapat persentase 98% kategori sangat baik, aspek pemakaian mendapat persentase 96% dengan kategori sangat baik, mendapat persentase rata-rata 97% dengan kategori sangat baik. (2) hasil uji coba untuk menilai dari kepraktisan mendapat rerata penilaian 3,5 mendapat penilaian baik atau praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ibtida

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

IBTIDA (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) adalah jurnal yang diterbitkan pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan pada Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen ). Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember . Selanjutnya ...