Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 6 (2022): Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Pengembangan tes diagnostik berbasis web pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit

Putri Hidayah (Universitas Negeri Medan)
Zainuddin Muchtar (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kelayakan tes diagnostik berbasis web pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit, profil pemahaman konsep siswa setelah menggunakan tes diagnostik berbasis web pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit, respon guru kimia terhadap tes diagnostik berbasis web pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit, respon siswa terhadap tes diagnostik berbasis web pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Metode yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah metode ADDIE yang terdiri dari 5 tahap perlakuan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tes diagnostik berbasis web yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak. Persentase miskonsepsi pada tes 1 sebesar 21,67% sedangkan tes 2 sebesar 33,33%. Persentase tidak tahu konsep pada tes 1 sebesar 61,33% sedangkan tes 2 sebesar 20%. Persentase menebak pada tes 1 sebesar 8% sedangkan pada tes 2 sebesar 7%. Respon guru terhadap tes diagnostik berbasis web pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit diperoleh persentase aspek penyajian 92%, aspek bahasa dan isi 100% dan aspek manfaat 90%. Respon siswa terhadap tes diagnostik berbasis web pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit diperoleh rata-rata persentase aspek tampilan 83,20%, aspek bahasa dan isi 92,60%, dan aspek manfaat 87,365.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educenter

Publisher

Subject

Education

Description

Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, mencakup bidang penelitian pendidikan dalam proses belajar mengajar, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan ...