Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 9 No 2 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Pengembangan Bahan Ajar Tema Ekosistem Berbasis PPPK dan Nilai Budaya Suku Using

Devinia Maulida (Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia)
Fajar Surya Hutama (Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia)
Yuni Fitriyah Ningsih (Program Studi PJKR, FIO, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia)
Suhartiningsih Suhartiningsih (Program Studi PGSD, Universitas Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Bahan ajar tema ekosistem berbasis PPK dan nilai budaya suku using yang dikembangkan mengacu pada buku tematik yang digunakan di SDN 2 Blimbingsari Banyuwangi. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku ajar, dengan penambahan PPK dan nilai budaya yang ada di sekitar siswa. Kelayakan produk bahan ajar berbasis PPK dan nilai budaya suku Using ini diukur berdasarkan tingkat validitas dan keefektifan produk. Tingkat validitas diperoleh dari tiga validator, presentase ahli materi untuk buku ajar siswa adalah 98,82% (sangat layak), presentase ahli bahasa untuk buku ajar siswa adalah 83,33% (sangat layak), dan presentase ahli desain untuk buku ajar siswa adalah 96,66% (sangat layak). Uji keefektifan dilakukan dengan metode eksperimental, terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar diperoleh dari beda antara nilai pre-test dan post-test. Sesuai hasil t-test dan uji keefektifan relatif menunjukkan buku ajar berbasis PPK dan nilai budaya suku Using ini lebih efektif 66,7% dibandingkan dengan buku dari sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...