Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 2, No 5 (2014): Jurnal Bioterdidik

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR RASIONAL SISWA

Siti Nurhalimah (Unknown)
Pramudiyanti Pramudiyanti (Unknown)
Rini Rita T Marpaung (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2014

Abstract

The purpose of this research was to know the influence of using picture card media toward students rational thinking skill. The research design was pretest-postest non equivalent group. Samples were X5  and X6 that was choosen by cluster random  sampling method. The data of research were  quantitative and qualitative. The quantitative data was taken from the average of  pretest and posttest scores which statistically analyzed with t-test using SPSS 17.0  in 95% confidence levels. The qualitative data which was analyzed descriptively were students learning activities and students responses about applicating picture card media through cooperative learning model type Group Investigation. The result of the  research showed that there was no significant effect of picture card media toward students rational thinking skill (tcounting  (1,412) ttable (1,671)). Most of student learning activities categorized as high average (76,57 %). Furthermore the students gave positive responses to this research.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap keterampilan berpikir rasional siswa. Desain penelitian ini adalah pretest-postest kelompok non-ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X5dan X6 yang dilakukan dengan teknik cluster random  sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan  kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari  rata-rata nilai pretest dan postest dan dianalisis secara statistik melalui uji t dengan program SPSS 17.0 dengan taraf kepercayaan 95%. Data kualitatif yang dianalisis secara deskriptif berupa aktivitas belajar siswa dan  tanggapan siswa terhadap penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan media kartu bergambar terhadap keterampilan berpikir rasional siswa (thitung  (1,412) ttabel (1,671) ). Sebagian besar  aktivitas belajar siswa berkriteria  tinggi (76,57 %). Selain itu, sebagian besar  siswa  memberikan tanggapan positif terhadap penelitian ini. Kata kunci: group investigation, keterampilan berpikir rasional, media kartu bergambar

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...