Open Access DRIVERset
Vol. 2 No. 2 (2020): Desember : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sisthana

OPTIMALISASI PERAN KADER POSYANDU LANSIA SEBAGAI AGEN PEMBAHARU BAGI LANSIA DI RW 03 DUSUN KRASAK KELURAHAN ROWOSARI KECAMATAN TEMBALANG

Diana Dayaningsih (Akper Kesdam IV/ Diponegoro Semarang)
Erni Suprapti (Akper Kesdam IV/ Diponegoro Semarang)
Oktasari Widiya AS (Akper Kesdam IV/ Diponegoro Semarang)
Peni Ika K (Akper Kesdam IV/ Diponegoro Semarang)
Rahmad Yuliyanto (Akper Kesdam IV/ Diponegoro Semarang)
Sonia Ambar W (Akper Kesdam IV/ Diponegoro Semarang)
Tantri Suryani (Akper Kesdam IV/ Diponegoro Semarang)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Posyandu lansia merupakan pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka dapat memperoleh pelayanan kesehatan. Tujuan umum dibentuknya Posyandu lansia secara garis besar untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan usia lanjut agar mencapai masa tua yang bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya. Agar posyandu berjalan dengan baik maka perlu dukungan dari kader, kader diharapkan bisa menjadi agent of change. Peran kader sebagai agent of change, dalam upaya pembangunan dapat diwujudkan dengan memberikan dukungan berupa berbagi pelayanan yang meliputi pengukuran tinggi dan berat badan, pengukuran tekanan darah, pengisian KMS (Kartu Menuju Sehat) memberikan penyuluhan atau penyebarluasan informasi kesehatan, menggerakkan serta mengajak usia lanjut untuk hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan posyandu lansia karena itulah kader dituntut untuk memiliki kemampuan membina, menuntun serta didukung oleh keterampilan dan berpengalaman.

Copyrights © 2020