Relevan
Vol 2 No 3 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PERBEDAAN PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW DAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR

Susan Dwi Agustin (UIN Sumatera Utara)
Fibri Rakhmawati (UIN SUMATERA UTARA)
Yahfizham (UIN SUMATERA UTARA)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS. Alat pengumpulan data berupa tes berbentuk uraian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni Non-Probability Sampling. Sedangkan teknik analisis data digunakan uji-t yang diawali dengan menghitung rata-rata, menghitung standar deviasi, uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Temuan penelitian khusus tidak ditemukan perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dan Numbered Head Together (NHT). Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen I sebesar 82,77 dan nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen II sebesar 76,75 serta nilai T hitung =0,84696 < T tabel=2,021. ABSTRACK                                This research is a quantitative research with a quasi-experimental type of research. The population of this study were all students of class XI IPS. The data collection tool is in the form of a test in the form of a description. The sampling technique used is Non-Probability Sampling. While the data analysis technique used t-test that begins with calculating the average, calculating the standard deviation, normality test, homogeneity, and hypothesis testing. Specific research findings found no significant differences in learning outcomes using cooperative learning strategies Think Talk Write (TTW) and Numbered Head Together (NHT) types. This can be seen from the average post-test value in the experimental class I of 82.77 and the post-test average value of the second experimental class of 76.75 and the calculated T value = 0.84696 < T table = 2.021.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika dengan p-ISSN : 2808-8832 dan e-ISSN : 2808-8670. Jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang Pendidikan Matematika, Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan ...