Nilai pendidikan moral berkaitan mematrikan diri terkait sikap asertif dengan mengkorelasikan kaidah dan norma dalam masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan a) penerapan proses pembelajaran nilai pendidikan moral melalui pembelajaran menulis puisi bagi siswa di sekolah dasar, b) aktualisasi pendidikan integratif melalui pembelajaran menulis puisi bagi siswa di sekolah dasar, dan c) kriteria penciptaan puisi bagi siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dengan melakukan pengumpulan data melalui telaah buku dan jurnal yang relevan dengan kajian aktualisasi nilai pendidikan moral melalui pembelajaran menulis puisi bagi siswa di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bila a) penerapan proses pembelajaran nilai pendidikan moral melalui pembelajaran menulis puisi di sekolah dasar dengan tahapan (1) menunjukkan ragam perilaku positif dan negatif, (2) mengaitkan tahap pertama dengan pengalaman siswa di lingkungannya, (3) melakukan pengamatan langsung di lingkungan sekolah atau tempat tinggal siswa, dan (4) mengimplementasikan dalam bentuk menulis puisi dari hasil analisis tahap 1 s.d. 3, b) aktualisasi sisi pendidikan integratif memperhatikan pendidikan dari sisi moral, iman, intelektual, emosi, dan sosial, dan c) kriteria penciptaan puisi di sekolah dasar dianalisis melalui aspek tipografi, aspek bahasa, dan aspek isi puisi.Kata kunci: nilai moral, pendidikan, menulis, puisi, sekolah dasar
Copyrights © 2021