Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima (KBBI V) tidak hanya dimaknai sebagai produk dari pengembangan bahasa Indonesia, tetapi lebih dari itu, juga memiliki pengaruh terhadap praktik pendidikan bahasa Indonesia di sekolah. Ditinjau dari perspektif filsafat pendidikan bahasa, keberadaan KBBI V sangat membantu para guru dalam mengajarkan Bahasa Indonesia dengan sejumlah metode pembelajaran. Penelitian ini tergolong jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dianalisis ialah informasi yang tersaji di dalam KBBI V meliputi kelas kata, ragam, bahasa, dan bidang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KBBI V dapat dimanfaatkan dalam metode abjad, metode analitis, metode analitis-sintetis, metode eja, metode global, metode kalimat, metode kata lembaga, dan metode sintetis. Tiap-tiap metode ini merupakan bentuk perpaduan antara hal-ihwal kebahasaan dan pendidikan bahasa Indonesia, terutama dalam konteks pembinaan bahasa, sesuai dengan Pasal 16 ayat (2) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang Pengembangan, Pembinaan, dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, serta Peningkatan Fungsi Bahasa Indonesia.Kata Kunci: KBBI V, Pembelajaran Bahasa Indonesia, metode-metode pembelajaran
Copyrights © 2021