JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
Vol 4, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)

Analisis implementasi pembelajaran daring dalam masa pandemi covid-19 di sekolah menegah pertama (SMP) negeri Ketapang

Haviz Zuty Ramara (Prodi Pendidikan Teknologi Informasi, IKIP PGRI Pontianak)
Wahyudi Wahyudi (Program Studi Pendidikan Fisika, IKIP PGRI Pontianak)
Ratih Widya Nurcahyo (Prodi Pendidikan Teknologi Informasi, IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Analisis Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Menegah Pertama Negeri di Ketapang Masa Pandemi Covid-19. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, dengan desain penelitain deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru berjumlah 50 orang dan siswa berjumlah 180 siswa. Angket dan pedoman wawancara digunakan sebagai instrumen pengumpul data. Instrumen pengumpul data yang dirancang telah memenuhi kriteria valid isi. Angket diujicoba sebelum dijadikan alat pengumpul data dan memenuhi kriteri valid dan reliabel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran daring telah diimplementasikan selama Pandemi Covid-19. Guru telah melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam proses pembelajaran selama masa pandemi covid-19. Hasil capaian implementasi pembelajaran daring berdasarkan sumber data dari kepala sekolah, guru dan siswa dipaparkan secara lengkap dalam hasil penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPSA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA) memuat artikel yang membahas aspek: pendidikan Fisika dan Ilmu Fisika, pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, pendidikan Biologi dan Ilmu Biologi, pendidikan Sains, serta inovasi-inovasi pembelajaran. Tim redaksi menerima artikel ilmiah dari hasil penelitian, ...