Kebutuhan akan orientasi baru dalam pendidikan terasa begitu kuat dan nyata dalam berbagai aspek dan bidang kajian, baik eksakta maupun ilmu-ilmu sosial. Para pendidik dan praktisi pendidikan sudah seharusnya mampu merespon perubahan yang terjadi dengan mengubah paradigma pendidikan. Salah satu cara untuk menjawab dan mengatasi perubahan yang terjadi secara terus-menerus adalah dengan mengimplementasikan berbagai model pembelajaran inovatif, yang diharapkan mampu mendongkrak kualitas proses pembelajaran. Lesson Study merupakan suatu cara untuk meningkatkan profesionalisme pendidik melalui pendekatan kolaboratif. Dalam metode ini termuat prinsip kolaborasi saling membantu untuk membangun komunitas belajar. Lesson Study memiliki tiga siklus kajian, yaitu plan (merencanakan), do (melaksanakan), dan see (merefleksi). Ketiga siklus kajian tersebut, yaitu (1) plan; secara kolaboratif guru model merencanakan pembelajaran berpusat pada siswa, (2) do; seorang guru model melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan guru lain mengobservasi aktivitas belajar siswa, dan (3) see; melalui prinsip kolaboratif merefleksikan keefektifan pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung pada tanggal 24-28 Februari 2020 di SMPIT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Hasil Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat ini didapatkan peningkatan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran IPA dan IPS yang tampak dari antusiasme para siswa memperhatikan pembelajaran, sebagian besar siswa dapat memahami materi dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dilihat dari mengerjakan LKS, hasil presentasi siswa dan siswa lebih banyak yang aktif dari pembelajaran biasanya.  Rencana tindak lanjut sebagai saran kepada pihak sekolah yaitu melaksanakan lesson study secara rutin pada mata pelajaran IPA dan IPS.Kata kunci: Kualitas Pembelajaran, Lesson Study,  Pelajaran IPA dan IPS
Copyrights © 2020