Jurnal Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 3, No 1 (2019): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2019

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PETA KONSEP BUKU FIKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEMBACA SQ3R (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Karangnunggal)

Wiwin Windawati (Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Minat baca para siswa di SMP Negeri 2 Karangnunggal masih kurang, sehingga penulis mencoba menerapkan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca peta konsep. Harapan penulis melalui penelitian tersebut kemampuan membaca siswa dapat meningkat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif.  Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas. Secara garis besar terdapat empat tahapan yang dilalui, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Karangnunggal. sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Karangnunggal yang berjumlah 30 orang dan 2 orang guru sebagai observer. Berdasarkan data yang diperoleh dan analisis data, diketahui bahwa 1 pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 67.37. sedangkan pada siklus II  diperoleh rata-rata sebesar 88,00%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa antara siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut diakibatkan adanya tindakan perbaikan yang dilakukan guru pada siklus II, terutama adanya bimbingan yang intensif dan terarah terutama dengan digunakannya metode membaca SQ3R yang lebih menekankan pada segi penulisan pilihan kata dari teks yang dibaca sehingga siswa menjadi lebih selektif dalam memilih kata dan lebih aktif dalam mengembangkan kemampuan membaca kritis teks editorial.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

diksatrasia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Diksatrasia dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis dengan ISSN 2829-1832. Jurnal ini memuat hasil penelitian atau kajian teoretis mengenai pendidikan kebahasaan dan kesastraan Indonesia. Diterbitkan dua kali dalam ...