cover
Contact Name
Asep Hidayatullah
Contact Email
jurnaldiksatrasia@gmail.com
Phone
+62265-776787
Journal Mail Official
4sephidayatullah@gmail.com
Editorial Address
Jl. R. E. Martadinata No.150, Mekarjaya, Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46274
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Universitas Galuh
ISSN : -     EISSN : 28291832     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Diksatrasia dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis dengan ISSN 2829-1832. Jurnal ini memuat hasil penelitian atau kajian teoretis mengenai pendidikan kebahasaan dan kesastraan Indonesia. Diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli.
Articles 207 Documents
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR Siti Melasari
Jurnal Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2017): JURNAL DIKSATRASIA JULI 2017
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.641 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya masalah, yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi tentang keindahan alam. Faktor penyebab adalah kurang tepatnya metode yang digunakan dalam pembelajaran. Solusi yang diambil adalah dengan menggunakan media kartu bergambar. Metode peneliti yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan metode penelitian tindakan kelas. Tekhnik dan instrumen penelitian berupa lembar observasi, wawancara, teknik tes, telaah pustaka dan teknik analisis. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 7 Ciamis Kabupaten Ciamis. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Penggunaan media kartu bergambar mampu meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 7 Ciamis dalam menulis puisi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai peserta didik yang meningkat pada setiap siklus. Kemampuan awal peserta didik setelah menggunakan media kartu bergambar peserta didik yang terkategorikan sangat baik sebanyak 9 orang (45%), baik sebanyak 6 orang (30%), dan cukup baik sebanyak 5 orang (25%). Pada siklus II kategori sangat baik sebanyak 20 orang (100%) dan seluruh peserta didik dinyatakan sangat baik. Dengan demikian kemampuan menulis puisi dengan mengguakan media kartu bergambar seluruh pesserta didik dinyatakan sangat baik.
SIKAP BAHASA MASYARAKAT DI WILAYAH PERBATASAN JAWA TENGAH-JAWA BARAT Titi Hernawati
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2021): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2021
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.595 KB) | DOI: 10.25157/diksatrasia.v5i1.6505

Abstract

Penelitian ini berjudul “Sikap Bahasa Masyarakat di Wilayah Jawa Tengah – Jawa Barat”. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu penggunaan bahasa Indonesia dalam situasi formal sangat dianjurkan, tetapi masyarakat menggunakan bahasa Daerah sehingga hal tersebut menunjukkan sikap bahasa yang cenderung negatif terhadap bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sikap bahasa masyarakat di wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat terhadap bahasa Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini adalah masyarakat desa Sidamulya yang dipilih melalui teknik area sampling (cluster area). Data diperoleh melalui kuesioner atau angket yang dibagikan kepada 18 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap bahasa masyarakat terhadap bahasa Indonesia menunjukkan sikap yang positif. 
Nilai sosial lirik lagu dalam album efek rumah kaca ganjar fauzi
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2018): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2018
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.724 KB) | DOI: 10.25157/diksatrasia.v2i1.1577

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan penyediaan bahan ajar yang masih terpaku karena menggeneralisasi kemampuan siswa secara global. Permasalahan lainnya penggunaan bahan ajar yang kurang proporsional. Berdasarkan hal tersebut, guru dituntut memilih bahan ajar yang lebih efektif, yakni dengan memanfaatkan lirik lagu Efek Rumah Kaca yang dikaji berdasarkan nilai sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai sosial yang terdapat pada lirik lagu Efek Rumah Kaca dalam album Efek Rumah Kaca. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Sumber data adalah lirik lagu Efek Rumah Kaca dalam album Efek Rumah Kaca. Metode pengumpulan data ini menggunakan teknik studi pustaka, teknik dokumentasi, dan teknik analisis. Teknik pengolahan data yakni membaca, mengkaji, dan menemukan kesesuaian lirik lagu Efek Rumah Kaca dalam album Efek Rumah Kaca dengan kriteria pemilihan bahan ajar.            Penelitian ini menggunakan dasar teori nilai sosial menurut Notonegoro. Nilai-nilai yang diteliti  adalah nilai material, nilai vital dan nilai kerohanian. Nilai kerohanian sendiri terdiri atas nilai kebenaran, nilai keindahan, nilai kebaikan atau moral serta nilai religius.Hasil penelitian menemukan bahwa, nilai material dalam lirik lagu Efek Rumah Kaca pada album Efek Rumah Kaca sebesar 25%. Nilai vital dalam lirik lagu Efek Rumah Kaca pada album Efek Rumah Kaca sebesar 8,3%. Nilai kerohanian terdapat dalam seluruh lirik lagu, terbagi atas : Nilai kebenaran sebesar 91,7%, nilai keindahan sebesar 66,7%, nilai moral sebesar 91,7 dan nilai religius sebesar 41,7%. Nilai sosial lirik lagu Efek Rumah Kaca dalam album Efek Rumah Kaca dapat dijadikan bahan ajar menulis puisi di SMA. Terbukti bahwa nilai sosial pada lirik lagu tersebut sesuai dengan kriteria bahan ajar yang digunakan yakni bahan ajarnya berarti atau bermanfaat, bahan ajarnya menarik, dan bahan ajarnya berada dalam batas-batas kemampuan peserta didik untuk mempelajarinya.
NILAI MORAL DALAM NOVEL RUDY: KISAH MASA MUDA SANG VISIONER KARYA GINA S. NOER Ade Ramdan
Jurnal Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2022): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2022
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.462 KB)

Abstract

Ade Ramdan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh. Dosen pembimbing: H. S. Munir, Drs.,M.M. dan Dr. Dedeh Rukaesih, Dra.,M.Pd. Penulis tertarik meneliti novel Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner karya Gina S. Noer karena novel ini sangat populer saat penerbitannya dan juga isinya yang memuat berbagai inspirsi dan mengndung bnyk nilai kehidupan. Kisah perjuangan Rudy dalam mewujudkan cita-citanya sangat mengispirasi bagi para pelajar yang sedng menempuh pendidikan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai moral dan dapat dijadikan dasar sebagai alternatif bahan ajar di Sekolah Menengah Atas. Dapun hasil penelitian ini, penulis tuangkan dalam bentuk skripsi yang berjudul, Nilai Moral dalam Novel Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner Karya Gina S. Noer.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “Bagaimanakah nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Rudy; Kisah Masa Muda Sang Visioner  karya Gina S. Noer?”Masalah dalam penelitian ini dibatasi pada nilai moral yang berkitan dengan hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial dan lingkungan alam, dan hubungan manusia dengan Tuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk, Mendeskripsikan nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Rudy; Kisah Masa Muda Sang Visioner  karya Gina S. Noer. Metode yang penulis gunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan hasil penelitian.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa novel Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner Karya Gina S. Noer mengndung nilai moral yaitu: (1) hubungan manusia dengan diri sendiri (terdapat tokoh yang bersikap jujur, terdapat tokoh yang berprasangk baik, terdapat tokoh yang berpikir cerdas, terdapat alur yang menggambarkan rasa tanggung jawab,dan terdapat tokoh yang selalu bersabar), (2) hubungan manusia dengan manusia lain (terdapat tokoh yang dermawan, terdapat tokoh yang tolong—menolong, terdapat tokoh yang berbakti pada orang tua, dan terdapat alur yang menggambarkan untuk senantiasa merwat lingkungan), (3) hubungan manusia dengan Tuhannya (terdapat tokoh yang taat beribadah, terdapat tokoh yang selalu berdoa, terdapat tokoh yang selalu bersyukur, dan terdpat tokoh yang memohon ampun kepada Allh SWT).
STRUKTUR SASTRA PADA FILM RUDY HABIBIE Susi Susanti
Jurnal Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2017): JURNAL DIKSATRASIA JULI 2017
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.14 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya film yang tidak mendidik terutama bagi remaja, sehingga perlunya penelitian struktur sastra sebagai tolak ukur kelayakan sebuah film sebagai tontonan masyarakat, terutama para pelajar. Salah satu film yang menarik untuk dikaji yaitu film Rudy Habibie dengan alasan film ini termasuk film yang banyak penontonnya. Hal tersebut menjadikan penulis berinisiatif untuk menuangkannya dalam sebuah skripsi yang berjudul STRUKTRUR SASTRA PADA FILM RUDY HABIBIE. Rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimanakah struktur sastra pada film Rudy Habibie?, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur sastra pada film Rudy Habibie dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik yang terdapat pada film Rudy Habibie.
NILAI MORAL DALAM NOVEL 9 MATAHARI KARYA ADENITA Hasna Nurauliya Amatullah
Jurnal Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2022): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2022
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.518 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Nilai Moral dalam Novel 9 Matahari Karya Adenita“ adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu bahan ajar yang terkait dengan nilai moral dalam buku paket kurang menarik dan bervariatif. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah nilai moral yang terkandung dalam novel 9 Matahari Karya Adenita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai moral yang terkandung dalam novel 9 Matahari Karya Adenita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik cacat, teknik analisis, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian terhadap nilai moral dalam novel 9 Matahari Karya Adenita dapat disimpulkan  sebagai berikut. (1) Hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi a. Sabar, b. Ikhlas, c. Berani, d. mawas diri. (2) Hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkungan sosial dan lingkungan alam meliputi a. Tolong menolong, b. Penyantunan, c. Pemaaf, d. Musyawarah. (3) Hubungan manusia dengan TuhanNya meliputi a. Bersyukur, b. Bertasbih, c beristighfar.Keberadaan nilai moral tersebut dapat dijadikan dasar dan acuan bagi guru dalam rangka pemilihan bahan ajar bermuatan nilai moral.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI PENGGUNAAN METODE ESTAFET WRITING (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Baregbeg) Nida Rahmawati
Jurnal Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2017): JURNAL DIKSATRASIA JULI 2017
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.22 KB)

Abstract

Salah satu hal penting dalam pembelajaran menulis puisi bebas adalah kemampuan mengemukakan perasaan menulis dalam bentuk kata-kata yang menghasilkan maknaBerdasarkan hasil observasi pra-penelitian, dilihat bahwa nilai yang dicapai siswa dalam menulis puisi masih rendah. Nilai KKM yang sudah ditentukan 72, namun masih ada beberapa yang masih belum mencapai KKM yang ditentukan. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan di atas, maka dapat dirumuskan masalah yaitu: 1) Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan metode estafet writing dalam pembelajaran menulis puisi bebas?; 2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas setelah menggunakan metode estafet writing? Berdasarkan pembahasan, penilitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Langkah-langkah penggunaan metode estafet writing dalam pembelajaran menulis puisi bebas pada siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Baregbeg sudah dilaksanakan dengan baik. Tahap pertama Eksplorasi meliputi : (1) siswa mencari informasi yang luas tentang materi yang akan di pelajari untuk menanamkan nilai rasa ingin tahu, (2) Guru memfasilitasi siswa tentang materi yang akan dipelajari untuk menanamkan nilai betranggung jawab. Tahap kedua Elaborasi meliputi (1) Guru menunjukan contoh teks puisi dengan menjelaskan larik-larik puisi, pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik untuk menanamkan nilai karakter berpikir logis, (2) siswa membentuk kelompok/ regu untuk menanamkan nilai karakter kerjsama, (3) siswa diajak menulis puisi  menggunakkan metode estafet writing untuk menanamkan nilai karakter kreatif, (4) siswa menulis larik-larik puisi menggunakan pilihan kata yang tepat dan rima yang menarik sesuai dengan kata yang diperlihatkan untuk menanamkan nilai kreatif.  Tahap ketiga konfirmasi meliputi (1) Guru menyuruh siswa menyunting puisi untuk menanamkan nilai karakter teliti, (2) Guru memberikan penghargaan terhadap hasil kerja siswa untuk menanamkan nilai karakter motivasi, (3)  Guru memberikan pengautan terhadap materi yang sudah disampaikan untuk menanamkan nilai karakter motivasi. 2) Penggunaan metode estafet writing dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas siswa dengan  peningkatan rata-rata nilai pada siklus I adalah  73,33 sedangkan siklus II menunjukan peningkatan dari rata-rata nilai pada siklus I menjadi 82,16, hal tersebut menunjukan peningkatan kemampuan siswa yang cukup signipikan.
PENGARUH MINAT BACA CERPEN TERHADAP KEMAMPUAN MERESEPSI CERPEN (Studi Korelasional di SMP Islam Terpadu Riyadlul Qur’an Sukadana Ciamis) Ady Baehaky Latief
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2021): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2021
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (795.673 KB) | DOI: 10.25157/diksatrasia.v5i1.6495

Abstract

Minat baca adalah keinginan untuk memahami dan menguasai bahan bacaan untuk menambah kompetensi diri. Minat baca menjadi acuan atau konsep dasar ketika ingin menguasai dan memahami bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara pengaruh minat baca cerpen terhadap kemampuan meresepsi cerpen siswa di SMP Islam Terpadu Riyadlul Qur’an Sukadana Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Riyadlul Qur’an Sukadana Ciamis Jawa Barat yaitu sebanyak 25 orang responden. Penentuan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling yang sesuai dengan kemampuan peneliti. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan memberi instrument pernyataan pada responden. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa minat baca yang berada pada kategori tinggi mencapai 28%, kategori sedang 60% dan kategori rendah 12%. Kemampuan meresepsi cerpen siswa di SMP berada pada kategori tinggi mencapai 16%, kategori sedang mencapai 64% dan kategori rendah mencapai 20%. Dari data kuantitatif di atas, maka penulis berkesimpulan bahwa minat baca memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan meresepsi cerpen siswa di SMP Islam Terpadu Riyadlul Qur’an Sukadana Ciamis yaitu nilai r hitung yang diperoleh adalah sebesar 0,552 lebih besar dari r tabel 5% yaitu 0,396. Demikian dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikansi 5% r tabel = 0,396 dan r hitung 0,552 sehingga rtabel < r hitung. Oleh karena nilai r yang diperoleh yaitu 0,552 berada pada batas signifikan, yaitu pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,396 atas dasar pernyataan ini maka nilai r yang telah diperoleh dapat dikatakan signifikan. Serta dilihat dari tabel kekuatan korelasi, berada dalam kategori sedang.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PETA KONSEP BUKU FIKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEMBACA SQ3R (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Karangnunggal) Wiwin Windawati
Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2019): JURNAL DIKSATRASIA JANUARI 2019
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.925 KB) | DOI: 10.25157/diksatrasia.v3i1.2432

Abstract

Minat baca para siswa di SMP Negeri 2 Karangnunggal masih kurang, sehingga penulis mencoba menerapkan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca peta konsep. Harapan penulis melalui penelitian tersebut kemampuan membaca siswa dapat meningkat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif.  Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas. Secara garis besar terdapat empat tahapan yang dilalui, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Karangnunggal. sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Karangnunggal yang berjumlah 30 orang dan 2 orang guru sebagai observer. Berdasarkan data yang diperoleh dan analisis data, diketahui bahwa 1 pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 67.37. sedangkan pada siklus II  diperoleh rata-rata sebesar 88,00%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa antara siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut diakibatkan adanya tindakan perbaikan yang dilakukan guru pada siklus II, terutama adanya bimbingan yang intensif dan terarah terutama dengan digunakannya metode membaca SQ3R yang lebih menekankan pada segi penulisan pilihan kata dari teks yang dibaca sehingga siswa menjadi lebih selektif dalam memilih kata dan lebih aktif dalam mengembangkan kemampuan membaca kritis teks editorial.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS RESENSI NOVEL MENGGUNAKAN STRATEGI PEMODELAN Mulyani Agustin
Jurnal Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2017): JURNAL DIKSATRASIA JULI 2017
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.158 KB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Peningkatan Kemampuan Menulis Resensi Menggunakan Strategi Pemodelan (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XI IPA 3 SMA Negeri I Baregbeg Ciamis). Penelitian ini mencakup kegiatan meresensi buku (novel) dengan menggunakan strategi pemodelan. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan strategi pemodelan dalam pembelajaran menulis resensi sastra (novel)?; dan (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa dalam menulis resensi sastra setelah digunakan strategi pemodelan?. Penulis mengharapkan dengan strategi pemodelan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis resensi novel di Kelas XI IPA 3 SMA Negeri I Baregbeg. Dari permasalahan di atas penulis mengambil hipotesis “Terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menulis resensi setelah digunakan strategi pemodelan”. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitiannya adalah (1) Tahap persiapan; (2) Tahap pelaksanaan tiap siklus; (3) Tahap akhir. Sumber data dalam penelitian ini adalah peneliti, dua orang observer, dan siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri I Baregbeg sebanyak 22 orang. Teknik penelitian dan instrumen yang digunakan adalah (1) Teknik studi pustaka dan kajian teori; (2) Teknik pembelajaran; (3) Teknik tes; dan (4) Teknik analisis.

Page 1 of 21 | Total Record : 207