Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 1, No 2 (2017): JURNAL DIKSATRASIA JULI 2017

PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEBAT INISIASI DI KELAS X SMKN 1 CIAMIS

Siti Komalasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2017

Abstract

Penelitian di bidang pendidikan ini berjudul “Pembelajaran Memahami Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Debat Inisiasi di SMKN 1 Ciamis” . Rumusan masalah dari penelitian ini ialah. (1) Bagaimakah perencanaan pembelajaran memahami teks eksposisi dengan menggunakan metode debat inisiasi? (2) Bagaimanakah langkah-langkah pembelajaran memahami teks eksposisi dengan menggunakan metode debat inisiasi? (3) Bagaimanakah perubahan kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran memahami teks eksposisi dengan menggunakan metode debat inisiasi?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif dengan desain eksperimen menggunakan pola pretest posttest control group. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, diperoleh jawaban dari gambaran pembahasan yakni sebagai berikut. (1) Perencanaan pembelajaran mengacu pada Permendikbud No.22 tahun 2016 terdiri dari identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan; identitas mata pelajaran atau tema/subtema; kelas/semester; materi pokok; alokasi waktu; tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD yang mencakup sikap dan pengetahuan; kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi; materi pembelajaran; metode pembelajaran; media pembelajaran; sumber belajar; langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan penilaian hasil pembelajaran. (2) Langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode debat inisiasi, terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Kegiatan pendahuluan meliputi apersepsi dan motivasi; penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan. Kegiatan inti meliputi tiga tahap, terdiri dari penyajian beberapa permasalahan yang bersifat problematik. Guru membagi siswa ke dalam dua kelompok yakni kelompok pro dan kelompok kontra, kemudian siswa menyusun uraian tentang masalah yang disajikan guru sesuai dengan kedudukannya sebagai kelompok pro dan kelompok kontra, selanjutnya siswa mulai melakukan debat dengan panduan pelaksanaan debat yang telah disusun oleh guru. Misalnya, guru memberikan kesempatan kepada kelompok pro untuk menyajikan pandangannya dalam waktu 2 menit. Terakhir sesi tanya jawab dan diskusi performa. Kegiatan terakhir atau penutup terdiri dari serangkaian aktifitas berbentuk refleksi hasil pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran. (3) Terdapat perubahan kemampuan siswa yang signifikan setelah mengikuti pembelajaran memahami teks eksposisi dengan menggunakan metode debat inisiasi dengan hasil nilai CR> t tabel yakni 19,06 > 1,70.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

diksatrasia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Diksatrasia dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis dengan ISSN 2829-1832. Jurnal ini memuat hasil penelitian atau kajian teoretis mengenai pendidikan kebahasaan dan kesastraan Indonesia. Diterbitkan dua kali dalam ...