Journal of Integrated Agribusiness
Vol 4 No 1 (2022): Journal of Integrated Agribusiness

STRATEGI DIGITAL MARKETING KARIKSA KEBUNKU DI KABUPATEN BANDUNG BARAT DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

Doni Sahat Tua Manalu (Sekolah Vokasi IPB University)
Sapti Nurlatifah (sekolah Vokasi IPB)
Febrya Sarahsati (sekolah Vokasi IPB)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Kariksa Kebunku adalah salah satu perusahaan dalam bidang budidaya bunga mawar potong yang terletak di Lembang Bandung Barat. Pada umumnya sebelum terjadi pandemi Covid-19 permintaan bunga mawar potong banyak digunakan pada acara-acara pernikahan, dekorasi, wisuda, hari valentine dan beberapa acara lainnya dan puncak dari tingginya permintaan bunga mawar di Kariksa Kebunku adalah bulan Februasi akan tetapi pada saat pandemi Covid-19 usaha bunga mawar di Kariksa Kebunku mengalami penurunan penjualan. Dengan demikian, Kariksa Kebunku perlu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi berupa digital marketing dengan merubah sistem pemasaran untuk melakukan promosi dan pemasaran bunga mawar potong dalam rangka menjangkau pasar yang lebih luas dimasa pandemi Covid-19. Salah satu metode analisis yang dapat digunakan untuk pengembangan bisnis adalah pendekatan Business Model Canvas (BMC). Tujuan penelitian menganalisis strategi digital marketing yang dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif pengembangan dan solusi terhadap permasalahan di Kariksa Kebunku pada masa pandemi Covid-19 dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Adapun metode pengumpulan data yaitu pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) karena Kariksa Kebunku adalah salah satu usaha yang bergerak dalam bidang tanaman mawar dan terdampak pandemi Covid-19. Data yang digunakan adalah jenis data primer dan sekunder. Penentuan strategi pemasaran dilakukan dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Hasil penelitian diperoleh berdasarkan sembilan elemen BMC yang terdiri dari customer segments, value proposition, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships, dan cost structure yang terangkum dalam satu kanvas menunjukkan bahwa penerapan digital marketing mampu meningkatkan pendapatan yang memberikan keuntungan bagi Kariksa Kebunku pada masa pandemi Covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jia

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Environmental Science

Description

Journal of Integrated Agribusiness aims to grow as new journal for agribusiness with a focus on emerging issues pertaining to the agribusiness sector and agriculture economics. Areas relevant to the scope of the journal include Agribusiness – Value chain, Supply chain, Strategic issues; ...