Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman
Vol 8, No 1 (2022): June

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SOSIO-EMOSIONAL SISWA SEKOLAH DASAR

Miranti Widi Andriani (STKIP PGRI BANGKALAN)
Yunita Hariyani (STKIP PGRI BANGKALAN)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2022

Abstract

Periode perkembangan akan dapat dilihat perubahannya baik secara, psikis, emosional, dan sosial. Perubahan tersebut mengahasilkan korelasi antara aspek sosial dan emosional anak mengharuskan individu memiliki kemampuan untuk mengenal emosi, memahami emosi dan cara mengekspresikan emosi pada situasi sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih dalam tentang bagaimana pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku sosio-emosional siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Single Subjek Research (SSR). Desain rancangan subjek tunggal yang digunakan adalah desain A-B-A. Hasil penelitian adalah perilaku berbaur dengan teman sebelum dan sesudah perlakuan layanan bimbingan kelompok mengalami peningkatan, perilaku membuka diri sebelum dan sesudah perlakuan layanan bimbingan mengalami peningkatan, dan perilaku percaya pada teman sebelum dan sesudah perlakuan layanan bimbingan kelompok mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan trend/kecenderungan layanan bimbingan kelompok dapat mempengaruhi perilaku sosio-emosional. Implikasi hasil penelitian dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi guru sekolah dasar agar memperhatikan faktor perkembangan sosio-emosional dengan cara mendiagnosisnya._____________________________________________________________________ The developmental period will be able to see the changes both psychologically, emotionally, and socially. These changes result in a correlation between the social and emotional aspects of children requiring individuals to have the ability to recognize emotions, understand emotions and how to express emotions in social situations. The purpose of this study was to examine more deeply about how the influence of group guidance services on the socio-emotional behavior of elementary school students. This research is an experimental study using a Single Subject Research (SSR) research design. The single subject design used is the A-B-A design. The results of this research are that the behavior of mingling with friends before and after the treatment of group guidance services has increased, the behavior of opening up before and after the treatment of guidance services has increased, and the behavior of trusting friends before and after the treatment of group guidance services has increased. Based on the results of the analysis and discussion, it can be concluded that the trend of group guidance services can influence socio-emotional behavior. The implications of the research results in this study can be used as input for elementary school teachers to pay attention to socio-emotional development factors by diagnosing them.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BKA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Jurnal ini terbit sebanyak dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan penelitian dan artikel ...