Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman
Vol 8, No 1 (2022): June

PERSEPSI SISWA KELAS IX DALAM MERENCANAKAN KARIER DENGAN BANTUAN MEDIA POHON KARIER

Ikke Nurjanah Sinaga (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Nurus Sa'adah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2022

Abstract

Saat ini media yang digunakan dalam melaksanakan bimbingan karir dinilai terlalu monoton, sehingga menyebabkan para siswa terlihat kurang antusias dalam melaksanakan bimbingan karir di dalam kelas. Salah satu hal yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimiliki siswa yaitu dengan adanya pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Dalam ilmu bimbingan dan konseling, terdapat empat bidang bimbingan yang diterapkan kepada siswa di sekolah yaitu bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pohon karir dalam mengembangkan perencanaan karir siswa kelas IX. Penelitian ini mengacu pada metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara, adapun teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pohon karir ini mudah dipahami siswa dan mampu meningkatkan antusias siswa dalam mengikuti proses pelaksanaan bimbingan karir, selain itu media pohon karir ini juga mudah untuk diterapkan oleh para Guru BK dalam mengembangkan perencanaan karir siswa._____________________________________________________________________ Currently the media used in carrying out career guidance is considered too monotonous, causing students to look less enthusiastic in carrying out career guidance in the classroom. One of the things that can help students in developing their potential and abilities is the implementation of Guidance and Counseling in schools. In the science of guidance and counseling, there are four areas of guidance that are applied to students in schools, namely personal, social, learning, and career fields. In addition, this study aims to implement career tree media in developing career planning for grade IX students. This study refers to a qualitative method with a phenomenological approach. Data was collected using observation and interviews, while the data analysis techniques used were data reduction and conclusion drawing. The results showed that the career tree media was easy for students to understand and was able to increase students' enthusiasm in participating in the process of implementing career guidance

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BKA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Jurnal ini terbit sebanyak dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan penelitian dan artikel ...