UD Nira Della yang terletak di kampung Glumpang Sulu Timur, kecamatan Dewantara, kabupaten Aceh Utara merupakan perusahaan UMKM yang bergerak dalam bidang pembuatan Sirup. Sirup yang dihasilkan beraneka rasa, mulai dari rasa pisang ambon, nanas, kopi, melon, leci, jeruk, dan rasa citrom. Dari kesemua rasa tersebut rasa paling diminati adalah rasa pisang ambon. Dalam perbulan UD. Nira Della memproduksi sebanyak 4800 botol, dimana rasa pisang ambon diproduksi sebanyak 3000 botol dan ke enam rasa yang lainnya diproduksi sebanyak 1800 botol, dangan harga jual per botolnya sebesar Rp 5.000. Selama ini UD. Nira Della menerapkan cara konvensional (tradisioanal), hanya berdasarkan perkiraan dalam menentukan harga jual produknya. Metode tersebut tidak selalu tepat digunakan dalam setiap proses negosiasi dengan konsumen, karena dengan menggunakan cara konvensioanal (tradisional) perusahaan tidak dapat menentukan harga jual sebenarnya dan kepastian laba yang diterima oleh perusahaan. Salah satu metode yang digunakan untuk menetukan harga jual produk adalah dengan menggunakan metode target profit Pricing, yang merupakan salah satu metode penentuan harga jual per unit yang memperhitungkan seluruh pengeluaran biaya dengan laba yang telah diperhitungkan dan telah ditargetkan perusahaan melalui penentuan biaya pokok produksi yang dibagi ke dalam biaya variabel dan biaya tetap. Harga Rp. 5.000/botol sirup yang ditetapkan oleh UD. Nira Della, tanpa dilakukan perhitungan secara terperinci terhadap semua biaya pokok produksi dan biaya operasional. Maka berdasarkan hasil perhitungan metode target profit pricing, harga pokok produk diperoleh sebesar Rp 4.695 per unit dan harga jual produk sebesar Rp 5.869 per unit, harga inilah yang seharusnya menjadi harga ekonomi perusahaan.Yanuardi, M. D. W. I., Novirani, D. W. I., & Adianto, H. (2014). Penetapan Harga Jual Batu Bata pada CV.X dengan Menggunakan Metode Target Profit Pricing. 02(03), 13–24.
Copyrights © 2021