Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 10, No 1 (2022)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII2 SMP NEGERI 10 KENDARI

Neriawa Neriawa (Unknown)
Hasnawati Hasnawati (Unknown)
La Masi La Masi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

AbstrakPenelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes dan hasil wawancara. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan dari penelitian ini adalah letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita teorema pythagoras terdiri 4 kesalahan yaitu 1) kesalahan pada tahap pemahaman, 2) kesalahan pada tahap transformasi, 3) kesalahan pada tahap proses penyelesaian dan 4) kesalahan pada tahap penulisan jawaban akhir. Adapun faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi teorema pythagoras adalah siswa tidak mengetahui hal apa yang ditanyakan dalam soal, tergesa gesa dalam membaca, siswa tidak dapat menentukan rumus yang harus digunakan, lupa rumus karena siswa cenderung hanya menghafal rumus, kurangnya penguasaan materi teorema pythagoras, jarang latihan mengerjakan soal-soal teorema Pythagoras, siswa tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan, asal-asalan dalam menuliskan jawaban, tidak suka mengoperasikan dengan jumlah bilangan yang terlalu besar, dan tidak terbiasa menuliskan kesimpulan.Kata Kunci:  letak kesalahan, teorema pythagoras, faktor penyebab kesalahan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...