Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Vol 7, No 2 (2022)

STRATEGI PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA MELALUI PENERAPAN INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN METODE PROJECT BASE LEARNING DAN MODIFIKASI STAD PADA MATA KULIAH KIMIA MEDISINAL

Uce Lestari (Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi, jambi)
Havizur Rahman (Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi, jambi)
Syamsurizal Syamsurizal (Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi Kampus Pinang Masak, Jalan raya Jambi-Ma Bulian Km 15 Mendalo Darat, Jambi, kode pos, 36361.)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2022

Abstract

Metode pembelajaran yang baik adalah metode pembelajaran yang inovatif dan menarik minat mahasiswa untuk berfikir dalam menyelesaikan suatu masalah. Salah satunya metode pembelajaran yang manarik mahasiswa adalah pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) dan modifikasi STAD. Modifikasi kajian ini dibandingkan dengan metode Teacher Centered Learning (TCL). Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat pemahaman mahasiswa dengan menggunakan metode TCL dibandingkan dengan metode PjBL dan termodifikasi STAD. Tahapan prosedur dalam penelitian ini meliputi mahasiswa terbagi atas 2 kelas, masing-masing kelas diterapkan metode TCL. Lebih lanjutnya, kelas A diimplementasikan metode modifikasi STAD, sedangkan kelas B dilaksanakan metode PjBL. Lembaran quesioner diberikan pada sejumlah 34 orang mahasiswa baik kelas A ataupun kelas B,  Hasil quessioner dilakukan pengolahan data secara kuantitatif dengan membandingkan hasil dari kedua metode yang dilaksanakan dan diperoleh hasil bahwa STAD dengan tingkat pemahaman sebesar 75%-100%, sedangkan tingkat pemahaman TCL dan PjBL diperoleh sebesar 25%-50%.  Dari hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran yang paling efektif adalah metode pebelajaran metode STAD dibandingkan dengan metode pembelajaran TCL dan PJBL.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPKUR

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti ...