JURNAL EDUKASI NONFORMAL
Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Edukasi Nonformal

Teori Kajian dalam Upaya Pendekatan Peningkatan Kualitas Belajar Alam dalam Pembelajaran Biologi

Anti Veronika (Unknown)
Lissa Herayanti (Unknown)
Nur Afifah Suranda (Unknown)
Nurhassanah Marbun (Unknown)
Suci Ramadhani Rangkuti (Unknown)
Syahro Raihan Tika Nst (Unknown)
Rohani Rohani (Unknown)
Rabiah Afifah Daulay (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat tingkat kecenderungan penelitian yang digunakan dalam pendekatan kualitas belajar alam pada pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah Systematic Literature Review. Penelitian ini berlangsung di platform digital dengan menggunakan search engine Google di dua situs yaitu Directory of Open Access Journal/DOAJ (https://doaj.org/) dan Garba Rujukan Digital/Garuda (http://garuda.ristekbrin.go.id/). Data dianalisis secara sequential explanatory dengan cara menganalisis data secara kuantitatif diikuti dengan analisis kualitatif, dengan cara menarasikan kecenderungan tujuan, metode (desain, teknik sampling, instrumen, analisis data) dan hasil penelitian. Hasil pencarian dan seleksi artikel pustaka menemukan bahwa hanya tujuh artikel yang dapat melewati tahapan penilaian kualitas. Dari ketujuh artikel pustaka tersebut, kecenderungan penelitian yang dapat ditemukan yaitu pada tujuan penelitian, artikel pustaka cenderung mengukur hasil belajar siswa (44%) sebagai tujuan yang akan diteliti. Desain penelitian yang cenderung digunakan pada artikel pustaka yaitu quasi-experimental (50%) dengan bentuk pretest-posttest design. Teknik sampling yang cenderung digunakan pada artikel pustaka yaitu purposive sampling sebanyak empat artikel pustaka. Untuk mengukur hasil belajar siswa, instrumen yang digunakan yaitu tes dalam bentuk objektif ataupun uraian sebanyak 5 artikel pustaka (42%). Analisis data yang cenderung digunakan yaitu Uji N gain sebanyak dua artikel pustaka. Serta seluruh artikel pustaka menyatakan bahwa hasil penelitian berpengaruh signifikan terhadap tujuan dari penelitian tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JENFOL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia. ...