cover
Contact Name
Baharuddin
Contact Email
nonformaljr@ummaspul.ac.id
Phone
+6281339859730
Journal Mail Official
nonformaljr@ummaspul.ac.id
Editorial Address
Jendral Sudirman No.17 Enrekang Sulawesi Selatan
Location
Kab. enrekang,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JURNAL EDUKASI NONFORMAL
ISSN : -     EISSN : 27152634     DOI : 10.33487
Core Subject : Social,
Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia.
Articles 116 Documents
PERSEPSI REVOLUSI MENTAL ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Elihami Elihami; Ekawati Ekawati
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Edukasi NonFormal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.728 KB)

Abstract

Tujuan dari kegiatan penelitian ini untuk 1) Merevolusi mental orang tua terhadap pendidikan anak usia dini.2) Memotivasi dan menggairahkan semangat kerja orang tua 3). Karakter orang tuaa harus beraksi untuk perubahan ke arah yang lebih baik sesuai tuntunan atau kurikulum yang baik terhadap anak usia dini . Target dari penelitian ini adalah menjadi orang tua yang berintegritas, mau bekerja keras, dan punya semangat gotong royong dalam pendidikan anak usia dini serta bergairah dan termotivasi untuk meningkatkan pendidikan pada anak usia dini. Permasalahan utama adalah memiliki mental yang lemah yang bersifat konsumtif selalu ingin memperoleh sesuatu dengan cara Instan tanpa memahami edukasi dalam pendidikan anak usia dini. Orang tua tidak peduli tentang pemahaman revolusi mental dengan sebaik-baiknya dalam mendidik anak, orang tua bermalas-malasan dalam mendidik anak dirumah terkhusus bagi para orang tua yang sibuk, tidak memiliki etos kerja, bekerja semaunya. Metode yang digunakan dalam kegiatan penerapan revolusi mental orang tua adalah Participatory Rural Appraisal (PRA) yaitu melibatkan orang tua dalam kegiatan peduli anak usia dini. Pelaksanaan kegiatan ini melalui sosialisasi tentang pentingnya revolusi mental dalam mendidik anak usia dini, pendampingan, study lapang dan demonstrasi serta evaluasi untuk melihat efektifitas program sehingga program berjalan secara efektif dan efisien. Metode implementasi adalah menerapkan dan mengaplikasikan model kerja aktif, efektif dan efisien, agar dapat meningkatkan hasil belajar pada anak usia dini.
PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK BENTONIT PADA CAMPURAN BETON TERHADAP KUAT TEKAN BETON Hamsyah Hamsyah; Jumardi Safri
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Edukasi NonFormal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1395.848 KB)

Abstract

This research purposed to analyzing the bentonite powder with the mixture concrete for the strength of concrete K 225 and evaluating the comparison bentonite powder to concrete mixture concerning the compressive strength of concrete K 225. With development the concrete construction in this country Indonesia,so this reseach more leads to quality improvement concrete by using added bentonite materials. From the reseach results can be drawn a conclusion that is the addition of bentonite on concrete mixture will increase the compressive strength of concrete the highest strength value that achieved for the concrete with bentonite degrees 10 %, with average results as amount 22,175 Mpa. And then, bentonite degree 25 % and 50 %. The concrete become decreased compressive strength of concrete as amount 16.301 and 9,979 Mpa. Compressive strength of concrete with added bentonite degree as amount 10 %, 25 % and 50 % with average compressive strength amount 22,175 Mpa, 16,301 Mpa and 9,979 Mpa not reached the standard specification quality of concrete K225.
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI VIDEO PADA PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH PAKET C Syaparuddin Syaparuddin; Elihami Elihami
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (962.91 KB)

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa kelas Paket C di Enrekang terhadap mata pelajaran PKn. Hal tersebut dapat dilihat dari perilaku yang ditunjukan siswa, siswa datang terlambat, tidak mengerjakan tugas, tidak memperhatikan penjelasan guru dan kurang aktif. Dari 36 siswa hanya 3 siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Jika dihitung secara klasikal besar motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PKn adalah 54,03%. Kondisi tersebut terjadi selama PBM PKn guru hanya menggunakan media papan tulis dan LKS. Agar motivasi siswa dapat meningkat, guru perlu melakukan sebuah inovasi pembelajaran. Hal yang dapat dilakukan guru adalah memanfaatkan video sebagai media pembelajaran. Pemerolehan hasil belajar melalui indera pandang berkisar 75%, melalui indera dengar 13%, dan melalui indera lainnya sekitar 12%. Rumusan masalah “Apakah dengan pemanfaatan media video pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Paket C di Enrekang ?”. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas Paket C di Enrekang melalui pemanfaatan media video. Manfaat penelitian memberi masukan peningkatan motivasi belajar siswa melalui pemanfaatan media video, sehingga dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam pemanfaatan media pembelajaran.Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas di Enrekang. Variabel penelitian : variabel input; motivasi belajar siswa sebelum memanfaatkan video sebagai media pembelajaran. Variabel proses : kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan video sebagai media pembelajaran. Variabel ouput : peningkatan motivasi belajar siswa setelah menanfaatkan video sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh melalui dua siklus, siklus I dan siklus II. Motivasi belajar siswa pra siklus yaitu 54,03% (rendah) kemudian pada siklus I motivasi belajar siswa menjadi 70,75% (sedang) dan pada siklus II meningkat menjadi 75,73% (tinggi). Namun pada akhir siklus masih terdapat 2 siswa yang motivasi belajarnya masih rendah.
PENINGKATAN VARIASI MENGAJAR PADA PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA SEMESTER TIGA DI PRODI PENDIDIKAN NONFORMAL STKIP MUHAMMADIYAH ENREKANG Muhammad Tahir; Elihami Elihami
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (860.307 KB)

Abstract

Studi ini mengetahui peranan variasi mengajar dalam proses pembelajaran mahasiswa semester tiga pada Pendidikan Non Formal STKIP Muhammadiyah Erekang. Permasalahan penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah peranan variasi mengajar dalam proses pembelajaran mahasiswa semester tiga pada Pendidikan Non Formal STKIP Muhammadiyah Erekang; 2) Apakah melalui peranan variasi mengajar dalam proses pembelajaran pada Pendidikan Non Formal STKIP Muhammadiyah Erekang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa semester tiga. Penelitian yang akan digunakan adalah penelitian deskriptif dan merefleksikan secara mendalam beberapa aspek dalam kegiatan belajar mengajar. Fokus penelitian ini yakni peningkatan hasil belajar mahasiswa pada pelajaran peranan variasi mengajar dalam proses pembelajaran mahasiswa semester tiga program studi Pendidikan Non Formal STKIP Muhammadiyah Enrekang. Subjek penelitian adalah seluruh masiswa semester tiga Pendidikan Non Formal STKIP Muhammadiyah Erekang.berjumlah 75 mahasiswa terdiri dari dua kelas yakni kelas B berjumlah 35 dan kelas A berjumlah 40. Instrument yang akan digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Data yang akan diolah dengan analisis persentase dan disajikan dalam bentuk deskripsi dan presentasi. Adapun rencana penerapannya diawali dengan mengajukan pertanyaan, berpikir bersama dan menjawab; 2) Penerapan peranan variasi mengajar dalam proses pembelajaran mahasiswa mengalami peningkatan.
PERANAN PENDIDIKAN NONFORMAL DAN SARANA PENDIDIKAN MORAL Syaparuddin Syaparuddin; Elihami Elihami
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (851.425 KB)

Abstract

Kondisi akhir-akhir ini menunjukkan telah terjadi degradasi moral pada kualitas personal bangsa Indonesia terutama generasi muda. Banyak faktor yang mempengaruhi gejala-gejala degradasi moral tersebut. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah benar tertib sekolah berisi muatan sarana pendidikan moral (2) Bagaimana pelaksanaan tata tertib sekolah sebagai sarana pendidikan moral di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Pinrang?, (3) Bagaimana kendala- kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan tata tertib sekolah sebagai sarana pendidikan moral Sekolah dan di lingkungan masyarakat? Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bentuk-bentuk pelanggaran tata tertib sekolah bersifat ringan, sedang, dan berat. Berdasarkan penelitian pendidikan moral selain diajarkan melalui bentuk formal dalam mata pelajaran juga dapat diberikan dalam bentuk informal melalui bentuk-bentuk lain seperti adanya tata tertib sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi sekolah, orang tua dan masyarakat. Kepala Sekolah hendaknya terus berkomitmen dan lebih intensif mengadakan penegakan kedisiplinan siswa serta fasilitas pendukung dalam upaya menekan tingkat pelanggaran siswa terhadap tata tertib sekolah. Guru hendaknya terus melakukan kontrol terhadap pelanggaran tata tertib sekolah terutama membina kedisiplinan siswa. Siswa hendaknya dengan penuh kesadaran diri untuk mematuhi tata tertib sekolah. Orang tua hendaknya ikut serta melakukan pembinaan moral anaknya agar patuh dan taat terhadap tata tertib sekolah.
LEARNING NEEDS OF THE STUDENTS THROUGH HOMESCHOOLING Faisal Faisal; Elihami Elihami
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (863.842 KB)

Abstract

Education that is prepared by the government, whatever its form of education, is basically held to free people from the various problems of life that surround them. The focus of this research is to find out: (1) How is the implementation of the homeschooling community in meeting the learning needs of children with special needs? in meeting the learning needs of children with special needs? This research uses a qualitative approach. Research data collection using in-depth interviews, participant observation, documentation. Research subjects include: managers of homeschooling institutions, educators / tutors and homeschooling families. To guarantee the trustworthiness / truth of the results of qualitative research, this study was carried out for two months, while the steps in data analysis included: data reduction, data display, data verification and conclusions The results showed that the implementation of homeschooling in meeting the learning needs of children with special needs in Imanuel Surabaya homeschooling in the implementation and learning process is based on the needs of different children, especially on children with special needs that are tailored to the level of ability, barriers experienced and the character of communication that develops aspects of talent and interests so that their educational needs can be met
IMPROVING MANAGEMENT FOR LEARNING AL-ISLAM AND KEMUHAMMADIYAHAN IN NONFORMAL DEPARTMENT Elihami Elihami
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (885.155 KB)

Abstract

Learning of Al- Islam and Kemuhammadiyah in nonformal education takes place in STKIP Muhammadiyah Enrekang. The Quran encourages learning as in Surah 20 that says “Lord! Let my knowledge increase” and in the words of Rasullullah (pbuh) “Seek knowledge as far as China”. All these signify that learning, as a process of development and transformation, takes place with no realm of boundary to impede. The procedures include a survey questionnaire and interview to gather related data of the student’s first semester at STKIP Muhammadiyah Enrekang. The analysis hopes to provide learning management input in Al-Islam and Kemuhammadiyahan that promotes structured and relevant findings for future enhancement, understanding and awareness of adult learning in a local situation resulting from the perception, learning and perhaps changes that may result from the learning process.
INFORMAL LEARNING AND NONFORMAL EDUCATION IN RANTE LIMBONG COMMUNITY Amir Patintingan; Elihami Elihami; Mustakim Mustakim; Nurisan Lateh
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (886.861 KB)

Abstract

The purpose of this research is to revolutionize the mentality of the Lembang community / Rante Liombong Villagem motivate and stimulate the work spirit of the Lembang / Rante Liombong Village community and the character of the community must act for change in a better direction. The target of this study is to become a community of integrity, willing to work hard, and have a mutual cooperation spirit. ", The Lembang / Rante Limbong village are aware of effective and efficient work, passionate and motivated to improve work outcomes. The main problem is having a weak mentality that is consumptive always wanting to get something by the Instant way. Large land is not utilized as well as possible, it is left to be a land to sleep without any plants, people prefer lazing at home especially for young people, do not have work ethic, work as they wish, during alcoholic drinks, cockfighting every evening , card gambling all night, even though they need big funds for their party costs, especially the Rambu Solo party.The method used in the activities of the Science and Technology application for society (IbM) is Participatory Rural Appraisal (PRA), which involves the community in activities. The implementation of this activity is through Sikombong (Socialization), assistance, field study and demonstration and evaluation to see the effectiveness of the program so that the program runs effectively and efficiently. The implementation method is to apply and apply an active, effective and efficient work model in order to increase productive work outcomes.
DEVELOPING THE CAPACITY OF SOCIAL SCIENCES TEAHAERS IN BRINGING LIFE TO THE CLASS THROUGH INTESIVE CLINICAL Faisal Faisal; Elihami Elihami
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (857.558 KB)

Abstract

The purpose of this study is to: a) Improve the ability of physics teachers in living the classroom learning atmosphere; b) Improving the ability of social studies teachers in developing lesson plans by applying learning models that enliven the learning atmosphere in the classroom; and, c) Improving the ability of social studies teachers in increasing student activity in classroom learning activities. Data collection techniques are carried out with documentation in the form of the work of KTSP preparation, interviews and assessment analysis instruments. The results showed that there was an increase in the competence of teachers in reviving the atmosphere of learning activities in the classroom, and preparing lesson plans for the application of learning models that delight students. In cycle I, the average value of the RPP component of the application of complete learning models that can enliven the atmosphere of learning activities in the classroom, received an average score of 27.33 (good), in the second cycle the average value of the RPP component of the application models complete learning that can liven up the atmosphere of learning activities in class get a score of 32.67 (very good), an increase in the score of 5.34 is quite significant.
PERANAN LAPANGAN PERLEMBAGAAN DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DIAN AYU DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG Muh. Afran Anugrah Abbas; Nurliana Sari; Nasra Nasra; Elihami Elihami
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Edukasi Nonformal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1326.52 KB)

Abstract

Program Pendidikan Non Formal yang meninjau pada kecakapan hidup atau life skills, keefektifannya bersifat kontekstual dan kondisional. Yang berarti, bahwa jenis keterampilan yang dipelajari peserta didik, disesuaikan dengan kebutuhan peserta, ketersedian sumber-sumber, dan peluang pengembangannya di masa yang akan datang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengungkap program pembelajaran keterampilan tata busana menjahit yang di selenggarakan di LKP DIAN AYU dalam memberikan pengalaman pada peningkatan peserta didik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data yang digunakan di antranya: observasi, wawancara, study documentasi, dan study literatur. Penelitian ini dilakukan pada lembaga kursus dan pelatihan (LKP) dian ayu , dilaksanakan dalam pembelajaran keterampilan menjahit, di awali dengan melakukan pengarahan kepada peserta kursus, penyusunan perencanaan pembelajaran keterampilan menjahit, bagaimana pelaksanaan pembelajaran keterampilan menjahit, hasil pembelajaran keterampilan menjahit melalui evaluasi hasil pembelajaran, serta dampak dari pembelajaran keterampilan menjahit.

Page 1 of 12 | Total Record : 116